PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAHIRAN MENYIMAK BAHASA ARAB UNTUK SISWA MAN WONOKROMO BANTUL

MOHAMMAD AHYARI RIDWAN, S.Pd.I, NIM. 1220410042 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAHIRAN MENYIMAK BAHASA ARAB UNTUK SISWA MAN WONOKROMO BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAHIRAN MENYIMAK BAHASA ARAB UNTUK SISWA MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAHIRAN MENYIMAK BAHASA ARAB UNTUK SISWA MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Ahyari Ridwan, S.Pd.I, Pengembangan Instrumen Penilaian Kemahiran Menyimak Bahasa Arab Untuk Siswa MAN Wonokromo Bantul, Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini berangkat dari pengamatan awal yang dilakukan di MAN Wonokromo yang mana belum tersedianya alat atau instrumen penilaian untuk kemahiran menyimak bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui penyelenggaraan penilaian menyimak bahasa Arab di MAN Wonokromo (2) Mengetahui prosedur pengembangan instrumen penilaian UAS kemahiran menyimak untuk siswa X, XI dan XII semester ganjil MAN Wonokromo. (3) Mengetahui kualitas instrumen penilaian UAS kemahiran menyimak untuk siswa kelas X, XI dan XII semester ganjil MAN Wonokromo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and Development, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Teknik pengambilan data yang digunakan: angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui kualitas instrumen penilaian menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda. Kriteria kualitas instrumen penilaian harus valid, reliabel, praktis dan memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyelenggaran penilaian menyimak dilakukan dengan menggunakan tes bentuk objektif pilihan ganda, tes tersebut menggunakan tes tertulis tanpa merangsang indra pendengaran siswa. (2) Desain produk dibuat berdasarkan pertimbangan dari aspek sarana dan prasarana, kemampuan guru bahasa Arab dan kesiapan siswa. Desain ini diberi nama Mari Menyimak Bahasa Arab Kelas X, XI dan XII Madrasah Aliyah yang berisi tes menyimak berbentuk pilihan ganda, terdiri dari 30 butir soal yang direkam menggunakan aplikasi audacity. Hasil rekaman berupa file MP3 yang bisa diputar melalui komputer dan VCD Player. (3) Instrumen penilaian menyimak kelas X, XI dan XII baik dan layak untuk digunakan, karena semua butir soal valid dan reliabel. Uji kesukaran soal kelas X kurang baik, karena proporsinya tidak seimbang, proporsi soal mudah 50% dan sedang 50%. Proporsi tingkat kesukaran baik bila memiliki proporsi soal mudah 25%, sedang 50% dan sukar 25%. Uji daya pembeda soal kelas X baik, soal dengan daya pembeda baik sekali 2 soal, baik 16 soal dan cukup 12 soal. Uji kesukaran soal kelas XI kurang baik, karena proporsinya tidak seimbang, proporsi soal mudah 33,3% dan soal sedang 66,6%. Uji daya pembeda soal kelas XI baik, soal dengan daya pembeda baik sekali 2 soal, baik 21 soal dan cukup 7 soal. Uji kesukaran soal kelas XII kurang baik, karena proporsinya tidak seimbang, proporsi soal mudah 33,3% dan sedang 66,6%. Uji daya pembeda soal kelas XII cukup baik, soal dengan daya pembeda baik sekali 3 soal, baik 19 soal, cukup 5 soal dan kurang 3 soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Janan Asyifuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian Kemahiran Menyimak Bahasa Arab, siswa, MAN
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2015 16:19
Last Modified: 09 Oct 2015 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum