PEMBELAJARAN BERBASIS EXPERIENCE DAN PARADIGM OF DISCOVERY DALAM BINGKAI DISCOVERY LEARNING QURANI DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL (LHI) KOTAGEDE-YOGYAKARTA

ARIS MUNFARIDAH, NIM. 1220410095 (2015) PEMBELAJARAN BERBASIS EXPERIENCE DAN PARADIGM OF DISCOVERY DALAM BINGKAI DISCOVERY LEARNING QURANI DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL (LHI) KOTAGEDE-YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (JPEMBELAJARAN BERBASIS EXPERIENCE DAN PARADIGM OF DISCOVERY DALAM BINGKAI DISCOVERY LEARNING QURANI DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL (LHI) KOTAGEDE-YOGYAKARTAUDUL)
1220410095_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PEMBELAJARAN BERBASIS EXPERIENCE DAN PARADIGM OF DISCOVERY DALAM BINGKAI DISCOVERY LEARNING QURANI DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL (LHI) KOTAGEDE-YOGYAKARTAJUDUL)
1220410095_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran yang kaku, terpaku pada teks, dan pemusatan aktivitas belajar pada guru merupakan model pembelajaran yang sudah sejak lama terpelihara di sekolah-sekolah. Oleh karenanya, tidak jarang sekolah dipandang sebagai penjara yang menakutkan bagi anak didik. Tidak sedikit anak didik yang mengekspresikan „pemberontakannya‟ terhadap pembelajaran yang kaku dan cenderung instruktif dengan cara membolos, tawuran, dan bahkan pada taraf pemberontakan yang sangat fatal, anak didik banyak yang terjerumus pada narkoba dan kekerasan. Atas dasar fenomena ini, peneliti ingin mengeksplorasi model yang merupakan antitesis dari model pembelajaran yang berlangsung di kebanyakan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penelusuran data seperti observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Dalam penelitian ini, peneliti lebih menekankan untuk mengekplor konsep dan implementasi dari pembelajaran berbasis experience and paradigm of discovery dalam bingkai discovery learning qurani yang berlangsung di SDIT Lukman Hakim Kota Gede Yogyakarta. Adapun narasumber yang peneliti wawancarai adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru kelas yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Adapun pembelajaran berbasis experience and paradigm of discovery dalam bingkai discovery learning qur’ani yang diimplementasikan di SDIT Luqman Al-Hakim Kotagede Yogyakarta merupakan pembelajaran yang lebih menekankan pada skill atau keterampilan “menemukan” pengetahuan yang diobservasi langsung di lapangan oleh anak didik. Di samping menekankan pada pengalaman, pembelajaran di SDIT Luqman Al-Hakim juga mengintegrasikan keilmuan yang disampaikan kepada anak didik dengan nilai-nilai illahiyah. Dengan harapan output yang dihasilkan tidak hanya menjadi orang pintar atau ilmuwan, akan tetapi juga orang yang religius dan peka terhadap lingkungan sosial. Adapun implementasi pembelajaran berbasis experience and paradigm of discovery dalam bingkai discovery learning qur’ani ini secara integral terangkum dalam tujuh tahapan implementatif atau yang dikenal dengan 7 M, yaitu tahapan mengagumi, menghayati, meneliti, mendalami, mengkolaborasi, mengaktualisasi, dan memberi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran, experience, paradigm of discovery, learning qurani.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Oct 2015 17:19
Last Modified: 01 Oct 2015 17:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum