PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MTS NEGERI DI KABUPATEN BREBES

MOHAMAD IHDA ZULFIKAR, S.PD.I, NIM. 1220410116 (2015) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MTS NEGERI DI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MTS NEGERI DI KABUPATEN BREBES)
1220410116_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MTS NEGERI DI KABUPATEN BREBES)
1220410116_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mohamad Ihda Zulfikar, 2015. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Terhadap KinerjaGguru MTS Negeri di Kabupaten Brebes. Tesis Program Studi Manajemen Kebijakan Pendidikan Islam Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Motivasi, Kepemimpinan serta Kinerja guru merupakan salah satu faktor penentu dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, ketiga faktor tersebut perlu mendapat perhatian dan dukungan yang serius dari berbagai pihak, khususnya komponen sumber daya sekolah. Karena dewasa ini dalam rangka menuju pencapaian mutu pendidikan di tingkat madrasah perlu adanya peningkatan kualitas maupun kuantitas komponen-komponen yang terlibat dalam proses pendidikan, utama nya SDM pendidikan, dalam hal ini guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) tingkat motivasi kerja pegawai (2) tingkat kepemimpinan situasional (3) tingkat kinerja pegawai (4) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (5) Pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, dn (6) Pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan populasi guru yang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada MTS Negeri di Kabupaten Brebes sebanyak 97 orang. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas, yaitu : Motivasi kerja (X1) dan Kepemimpinan situasional kepala sekolah (X2), dan satu variabel terikat yaitu : kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan alat kuesioner berstruktur tertutup. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat motivasi kerja, kepemimpinan situasional kepala sekolah dan kinerja guru rata-rata berkategori sangat baik pada kisaran 78,10%, 92,20%, 99,20% (2) Motivasi kerja berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 7,20%, (3) Kepemimpinan situasional kepala sekolah berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 15,20% ,dan (4) Motivasi kerja dan kepemimpinan situasional kepala sekolah secara bersama-sama akan mempengaruhi kinerja guru sebesar 17,40% selebihnya kinerja guru ditentukan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Dari gambaran hasil penelitian ini diharapkan Motivasi, Kepemimpinan dan Kinerja guru dapat memberikan efek yang positif, meskipun hanya sebagian kecil pengaruh dari ketiganya dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, dan dalam hal ini guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Key Word: Motivasi Kerja, Kepemimpinan Situasional dan Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Oct 2015 17:21
Last Modified: 01 Oct 2015 17:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17444

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum