PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG

EDI MARTANI, S.PD.I, NIM. 1220411163 (2015) PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG)
1220411163_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG)
1220411163_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Edi Martani, S.Pd.I. 2015. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah terhadap Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Dukun kabupaten Magelang. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing Dr. Siti Fathonah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Keterampilan manajerial Kepala Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Dukun kabupaten Magelang, 2) Profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Dukun kabupaten Magelang, dan 3) Pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap profesionalisme guru Madrash Ibtidaiyah di kecamatan Dukun kabupaten Magelang. Latar belakang penelitian ini adalah adanya tuntutan kepala madrasah dalam mengelola lembaga pendidikan termasuk di dalamnya adalah mengelola sumber daya manusia dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Maju mundurnya suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh keterampilan kepala madrasah dalam mengelola lembaga yang dipimpin. Kepala madrasah selayaknya mampu memberdayakan guru secara maksimal dalam menjalankan profesi guru sesuai dengan standar yang terkandung dalam profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan angket. Adapun teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan manajerial kepala Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Dukun termasuk kategori baik dengan rata-rata nilai 81,25%. Kemampuan kepala madrasah dalam mengelola lembaga dengan kategori baik 37,98% kategori sedang 49,52% kategori cukup 10,10% dan kategori kurang 2,40%. Sedangkan profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Dukun kabupaten Magelang termasuk kategori cukup dengan rata-rata nilai 74,34%. Tingkat profesionalisme guru tersebut secara berturut-turut berada pada kategori baik 20,95% kategori sedang 47,70% kategori cukup 28,01% dan kategori kurang 3,34%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang positif keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Dukun kabupaten Magelang dengan koefisien korelasi 0,446 dan termasuk dalam kategori adanya korelasi sedang atau cukup. Sedangkan sumbangan efektif (r determinasi) sebesar 0,199 yang berarti bahwa keterampilan manajerial kepala madrasah berpengaruh terhadap profesionalisme guru sumbangan pengaruh tersebut sebesar 19,9% sehingga tinggi rendahnya keterampilan manajerial kepala madrasah berpengaruh terhadap profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan, Manajerial Kepala Madrasah, profesionalisme guru.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2015 08:24
Last Modified: 02 Oct 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17451

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum