IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKTIF (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 8 YOGYAKARTA)

ULVA MARIYA, S.PD.I, NIM. 1220411199 (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKTIF (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 8 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKTIF (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 8 YOGYAKARTA))
1220411199_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKTIF (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 8 YOGYAKARTA))
1220411199_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ulva Mariya: Pendidikan Agama Islam berbasis Afekti (Studi kasus di SMA N 8 Yogyakarta). Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2015. Pendidikan Agama Islam di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukkan pengetahuan, pengahayatan, pengamalan tentang agama Islam, sehingga peserta didik menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketakwaannya, berbangsa dan bernegara. Agama itu penting dan harus diterapkan pada setiap sekolah, karena agama menjadi benteng dan fondasi dasar dari setiap perilaku peserta didik, jika peserta didik tidak mempunyai fondasi dasar agama yang baik maka hidupnya akan tidak terarah, dan yang penting dalam mengajarkan pendidikan agama Islam harus mencakup 3 (tiga) aspek secara keseluruhan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini ingin mengungkap sejauhmana pelaksanaan pendidikan agama Islam berbasis afektif di SMA N 8 Yogyakarta baik secara proses sampai pada penilain sehingga adanya pendidikan agama Islam berbasis afektif tersebut dapat mengambangkan sikap karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, obervasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, kemudian untuk teknik pemeriksaan serta keabsahan data adalah dengan ketekunan pengamatan, trianggulasi, dan pengecekan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi pendidikan agama Islam berbasis afektif di SMA N 8 Yogyakarta sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat bahwa pendidikan agama Islam di SMA N 8 Yogyakarta tidak hanya mengejar masalah kecerdasan (kognitif), namun juga mencerdaskan dari sikap (afektif) dan psikomotorik (ketrampilan). Kemudian dalam pembentukan sikap (afektif) di dalam proses pembelajaran pendidik menggunakan multi metode, pola, model dan pendekatan dengan didukung adanya kebijakan sekolah, kurikulum baru 2013, ektra kurikuler, sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan sekolah yang relegius, keluarga, dan masyarakat serta adanya faktor pendukung dari internal siswa, eksternal siswa dan pendekatan pembelajaran hal tersebut turut berperan aktif dalam mendukung adanya keberhasilan pendidikan agama Islam berbasis afektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Ki Supriyoko, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Afektif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2015 08:26
Last Modified: 02 Oct 2015 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum