PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA MENGAJAR GURU AL-ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN BANTUL

AHMAD CHUMAEDI, S.PD.I., NIM. 1220411269 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA MENGAJAR GURU AL-ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA MENGAJAR GURU AL-ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN BANTUL)
1220411269_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA MENGAJAR GURU AL-ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN BANTUL)
1220411269_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Dalam aktivitas belajar sangat diperlukan motivasi, sebab seseorang yang tidak memiliki motivasi tentunya sangat sulit melakukan aktivitas belajarnya. orang tua dan guru adalah dua komponen yang sangat berpengaruh diantaranya dalam memberikan motivasi, yaitu membangkitkan motif-motif yang dapat menggerakkan si anak untuk berbuat sesuai dengan tujuan hidupnya. Siswa-siswi SMA Muhammadiyah di Bantul dalam proses belajar mengajar di sekolah ada yang antusias terhadap pelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan sebaliknya juga ada yang malas dan suka menghindari kelas, sehingga mereka lebih senang bermain di luar kelas ketimbang harus belajar di dalam kelas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul, menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul, dan menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan gaya mengajar guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode angket dan interview. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan teknik analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan, (1) persepsi siswa tentang pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,497 dan nilai signifikansi 0,000. persepsi siswa tentang Pola asuh orang tua mempunyai sumbangan efektif terhadap motivasi belajar sebesar 24,7% (2) persepsi siswa tentang gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,567 dan nilai signifikansi 0,000. persepsi siswa tentang Gaya mengajar guru mempunyai sumbangan efektif terhadap motivasi belajar sebesar 32,1% (3) persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan gaya mengajar guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,625 dan nilai signifikansi 0,000. persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan gaya mengajar guru secara bersama-sama mempunyai sumbangan efektif terhadap motivasi belajar sebesar 39,1% sedangkan sisanya sebesar 60,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, gaya mengajar guru
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Oct 2015 01:28
Last Modified: 08 Oct 2015 01:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item View Item