PENERAPAN KURIKULUM PEMBINAAN MENTAL ISLAM DI DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN KEMENTERIAN KEUANGAN RI JAKARTA TAHUN 2015

YATIMAN, NIM. 1320410015 (2015) PENERAPAN KURIKULUM PEMBINAAN MENTAL ISLAM DI DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN KEMENTERIAN KEUANGAN RI JAKARTA TAHUN 2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KURIKULUM PEMBINAAN MENTAL ISLAM DI DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN KEMENTERIAN KEUANGAN RI JAKARTA TAHUN 2015)
1320410015_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KURIKULUM PEMBINAAN MENTAL ISLAM DI DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN KEMENTERIAN KEUANGAN RI JAKARTA TAHUN 2015)
1320410015_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kementerian Keuangan RI merupakan salah satu instansi pemerintah pusat yang mempunyai tugas pokok dan fungsi yang sangat vital dalam pengelolaan keuangan negara. Hal ini dapat dilihat berdasarkan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 184/PMK.01/2010 Pasal 2 yang berbunyi sebagai berikut : Kementerian Keuangan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang keuangan dan kekayaan negara dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Pembinaan mental Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh setiap instansi atau lembaga pemerintahan. Dengan pembinaan mental ini diharapkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat bekerja dengan lebih baik, maksimal dan menumbuhkan jiwa Korps Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagaimana terdapat dalam UU No. 42 tahun 2004. Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai komponen terpenting dalam suatu lembaga pemerintahan, karena tanpa Sumber Daya Manusia (SDM) maka roda pemerintahan tidak akan berjalan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara Indonesia. Bintal Islam DJA, merupakan salah satu wadah formal sebagai sarana Pembinaan Mental bernuansa Islami bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA). Pembinaan ini diharapkan agar para Pegawai Negeri Sipil di Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) tidak hanya mendapat pembinaan mental sebagaimana pada umumnya, tetapi juga pembinaan mental secara khusus, yakni pembinaan mental Islami berupa siraman rohani dalam wujud kajian rutin yang diselenggarakan oleh Bintal Islam DJA. Dengan adanya pembinaan mental ini maka Pegawai Negeri Sipil (PNS) diharapkan bisa berpikir secara seimbang antara kepentingan dunia yang berhubungan dengan pekerjaan dan kepentingan akherat yang berhubungan tanggung jawab langsung atas hasil kinerjanya kepada Allah SWT sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Direktorat Jenderal Anggaran (DJA). Sehingga dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya akan diselaraskan dengan nilai-nilai Islam dan tidak bertentangan norma-norma di dalamnya. Terkait pembinaan mental ini, jika melihat pada setiap lembaga pendidikan pasti mempunyai kurikulum sebagai rujukan dalam memberikan semua materi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan belajar. Begitu juga Bintal Islam DJA, secara teknis semestinya mempunyai Kurikulum Khusus sebagai bahan rujukan nara sumber atau penceramah atau pemateri dalam memberikan siraman rohani bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Direktorat Jenderal Anggaran (DJA). Dengan adanya kurikulum tersebut, pengajian rutin dapat terselenggara dengan baik dan lebih terstruktur. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka ada hal yang sangat penting untuk diadakan penelitian oleh penulis dalam Tesis ini, yaitu :“Bagaimana Penerapan Kurikulum Pembinaan Mental Islam di Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI Jakarta Tahun 2015?”

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: kurikulum pembinaan mental
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Oct 2015 08:29
Last Modified: 08 Oct 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17469

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum