PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRĀ’AH UNTUK MAHASISWA JURUSAN NON PBA (STUDI KASUS PADA PROGRAM INTENSIF BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN WALISONGO SEMARANG)

AHMAD LABIB, S.PD.I., NIM. 1320410021 (2015) PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRĀ’AH UNTUK MAHASISWA JURUSAN NON PBA (STUDI KASUS PADA PROGRAM INTENSIF BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN WALISONGO SEMARANG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRĀ’AH UNTUK MAHASISWA JURUSAN NON PBA (STUDI KASUS PADA PROGRAM INTENSIF BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN WALISONGO SEMARANG))
1320410021_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRĀ’AH UNTUK MAHASISWA JURUSAN NON PBA (STUDI KASUS PADA PROGRAM INTENSIF BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN WALISONGO SEMARANG))
1320410021_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran mahārah al-qirā’ah pada Program Intensif Bahasa Arab (PIBA) di Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Walisongo Semarang merupakan pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik (mahasiswa jurusan non PBA) mampu membaca sekaligus memahami teks Arab dengan baik dan benar. Akan tetapi meski pelaksanaan pembelajaran mahārah al-qirā’ah yang ada di PPB ini sudah berjalan sejak tahun ajaran 2012/2013 (kurang lebih 3 tahun) dalam realitasnya sampai saat ini masih adanya beberapa problem, diantaranya (1) Banyak di antara peserta didik yang masih kesulitan dalam membaca maupun memahami isi bacaan/fahm al-maqrū’ (2) Materi atau topik yang disajikan dalam kitab ajar “zād al-najāh jilid dua” dirasa cukup berat/sulit bagi peserta didik (3) Tidak tercukupnya waktu untuk menyampaikan keseluruhan materi ajar/poin-poin yang ada seperti al-qirā’ah, al-istī’āb, mulāḥaẓah naḥwiyyah dan at-tadrībāt. Permasalahan yang telah diungkapkan merupakan permasalahan yang krusial dalam pembelajaran mahārah al-qirā’ah yang ada di PPB UIN Walisongo Semarang. Oleh karena itu, permasalahan ini penting dan layak untuk diteliti lebih jauh dengan rumusan masalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran mahārah al-qirā’ah pada PIBA di PPB UIN Walisongo Semarang? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran mahārah al-qirā’ah pada PIBA di PPB UIN Walisongo Semarang? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran mahārah al-qirā’ah pada PIBA di PPB UIN Walisongo Semarang? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan fokus kajian yaitu pembelajaran mahārah al-qirā’ah pada PIBA di PPB UIN Walisongo Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan data yang diperoleh dari beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) Perencanaan pembelajaran mahārah alqirā’ah di PPB UIN Walisongo yaitu mengikuti kitab ajar “zād al-najāh” jilid dua dan silabus mata kuliah bahasa Arab II (al-qirā’ah) yang sudah ditentukan oleh PPB. 2) Pelaksanaan pembelajaran mahārah al-qira’ah di PPB UIN Walisongo terdapat tiga kegiatan utama yaitu (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, (3) kegiatan penutup. Kegiatan awal berisi kegiatan dosen untuk menarik perhatian peserta didik (mahasiswa jurusan non PBA) sebelum masuk kegiatan inti. Kegiatan inti berisi tahap-tahap pembelajaran mahārah al-qirā’ah. Kegiatan penutup berisi kegiatan dosen untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran mahārah al-qirā’ah di PPB UIN Walisongo menggunakan teknik tes yaitu tes lisan dan tes tertulis. Tes lisan digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam membaca teks Arab, pemahaman qawā’id dan menerjemah. Tes tertulis digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami isi teks yang dibaca, penguasaan mufradāt dan qawā’id.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi mahārah al-qirā’ah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Oct 2015 08:29
Last Modified: 08 Oct 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum