MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA DI SMP VIP AL-HUDA JETIS KUTOSARI KEBUMEN

FATAH ‘ARIFUDIN, NIM. 1320410040 (2015) MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA DI SMP VIP AL-HUDA JETIS KUTOSARI KEBUMEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA DI SMP VIP AL-HUDA JETIS KUTOSARI KEBUMEN)
1320410040_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA DI SMP VIP AL-HUDA JETIS KUTOSARI KEBUMEN)
1320410040_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena melihat banyaknya konflik antar suku, budaya, dan agama, serta banyaknya yang beranggapan bahwa agama sendiri yang paling benar. Dengan adanya konflik ini, pendidikan menjadi faktor penting untuk mencegah adanya konflik, melalui pendidikan ditanamkan nilai-nilai multikultural. Peneliti melihat ada sekolah yang bertujuan menanamkan nila-nilai multikultural pada siswanya yaitu SMP VIP al-Huda Jetis Kutosari Kebumen. Sesuai dengan namanya yaitu VIP yang memiliki singkatan Versi Integrasi Pesantren. Siswa yang belajar disekolah ini wajib bertempat tinggal diasrama atau pondok pesantren. Para siswa berangkat dari latarbelakang, budaya dan suku yang berbeda yang kemudian dipersatukan dalam lingkungan sekolah yang terintegrasi dengan pesantren ini. Hal yang menarik bahwa siswa yang berbeda ini bisa disatukan dalam sebuah sistem pendidikan formal yang diintegrasikan dengan pendidikan non-formal. Keunggulan manajemen sekolah yang terintegrasi dengan pesantren ini mendapatkan prestasi sebagai sekolah swasta terbaik se-Kabupaten Kebumen. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti untuk melihat bagaimana manajemen sekolah dalam penanaman nilai-nilai multikultural, bagaimana keberhasilan serta kelebihan dan kekurangan manajemen sekolah dalam penananam nilai-nilai multikultural di SMP VIP al-Huda ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif-analitis, yaitu metode yang berusaha untuk memaparkan secara sistematis materi-materi pembahasan yang berasal dari berbagai sumber yang kemudian dianalisis dengan teliti guna memperoleh hasil sebagai kesimpulan. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Manajemen sekolah dalam penanaman nilai-nilai multikultural ini berupa : Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengawasan. 2) Keberhasilan manajemen sekolah dalam penanaman nilai-nilai multikultural menunjukan bahwa siswa SMP VIP al-Huda ini bisa menghargai terhadap sistem nilai-nilai dari masing-masing teman yang yang berbeda daerah, Siswa menjunjung tinggi asas kebersamaan, keadilan, dan menghilangkan segala bentuk diskriminasi. Adanya kesadaran membuka diri pada siswa terhadap keragaman. 3) Kelebihan dan kekurangan manajemen sekolah dalam penanaman nilai-nilai multikultural pada siswa, kelebihannya berupa: Banyaknya peminat, gedung sekolah, asrama atau pondok pesantren, prestasi. Adapun kekuranganya berupa: tanah sempit, tugas ganda, jadwal, kebersihan dan kenyamanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Abdur Rachman Assegaf, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sekolah, Siswa, Nilai Multikultural
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2015 14:25
Last Modified: 09 Oct 2015 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17478

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum