INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA MODEL SALAFI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTER BIN BAZ YOGYAKARTA)

M A JAGAN NATIQO, SPD, NIM. 1320410059 (2015) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA MODEL SALAFI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTER BIN BAZ YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA MODEL SALAFI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTER BIN BAZ YOGYAKARTA))
1320410059_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA MODEL SALAFI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTER BIN BAZ YOGYAKARTA))
1320410059_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

M. A. Jagan Natiqo, Internalisasi Nilai-nilai Agama Model Salafi Dalam Pembentukan Karakter Siswa Studi Di MA Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz Yogyakarta. Tesis: Jurusan Pendidikan Agama Islam Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi: banyaknya prilaku siswa atau pelajar yang jauh dari moralitas, banyaknya kejahatan dan tindak kriminalitas yang dilakukan pelajar saat ini. Untuk memperbaiki kondisi siswa saat ini pembelaran pesantren model salafi diyakini memiliki peran yang signifikan dalam pembentukan karakter siswa. Hal ini didasarkan pada sebuah kondisi bahwa melalui pesantren model salafi siswa tidak hanya mempelajari nilai-nilai agama dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran yang bersifat kognitif, melainkan melalui pola belajar sambil mengamalkan, serta belajar sambil hidup bersama dalam sebuah miniatur kehidupan bermasyarakat. Maka pokok dari penelitian ini adalah bagaimana pesantren salafi menginternalisasikan nilai-nilai agama dalam rangka pembentukan karakter siswa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap alasan dipilihnya penanaman nilai model salafi, mengetahui implementasi model salafi dalam pembentukan karakter siswa serta untuk mengetahui keberhasilanya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Penulis meneliti aspek tempat (place), pelaku (actor), dan aktifitas (activities) dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun analisis data secara komprehensif dilakukan sejak awal penelitian dan selama proses penelitian dilaksanakan sampai pada akhir penelitian yaitu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, internalisasi nilai-nilai agama model salafi merupakan penananman pemahaman agama yang berpedoman kepada al-Qur’an dan as-Sunnah dengan pemahaman para generasi terdahulu yang disebut generasi emas yaitu generasi sahabat, tabi’in dan tabi’ tabi’in yang dianggap merupakan sumber agama yang masih original. Kedua, proses pembentukan karakter model salafi dilakukan dengan emam tahapan yaitu tahapan (habituasi) pembiasaan atau pembudayaan, (moral knowing) Mengajarkan hal-hal yang baik, (moral feeling) perasaan moral, (moral acting) sikap moral, (moral model) keteladanan, dan tobat. Selain itu, pembentukan karakter juga terintegrasi dalam setiap kegiatan dan tatatertib yang diberlakukan dalam pesantren. Hasil analisis terhadap internalisasi nilai-nilai agama model salafi dalam pembentukan karakter menunjukkan bahwa model tersebut terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si., M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Internalisasi, Model Salafi dan Karakter Siswa.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2015 13:09
Last Modified: 02 Oct 2015 13:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum