PROGRAM KERJASAMA SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM PESERTA DIDIK

ZAIN IRMA FITRIATI NIM. 1320412266, NIM. 1320412266 (2015) PROGRAM KERJASAMA SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM PESERTA DIDIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KERJASAMA SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM PESERTA DIDIK)
1320412266_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KERJASAMA SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM PESERTA DIDIK)
1320412266_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa selama ini program kerjasama antara sekolah dan orang tua di TKIT Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta dan TKIT Al-Khairaat Yogyakarta dalam melakukan pembinaan pendidikan Islam masih menemui berbagai kendala, diantaranya adalah kesibukan dari orang tua peserta didik, orang tua wali yang mempunyai pengetahuan agama terbatas, dan faktor dari ustadzah. TKIT Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta dan TKIT Al-Khairaat Yogyakarta sebagai taman kanak-kanak unggulan di Yogyakarta mempunyai tujuan yang lebih mengarah terhadap pembinaan pendidikan Islam kepada peserta didik secara optimal. Dalam pencapaian tujuan tersebut, selain upaya dari pihak sekolah dan dukungan orang tua pada program-program sekolah sangatlah penting. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk dan proses pelaksanaan program kerjasama sekolah dan orang tua, mengungkap upaya yang dilakukan pihak sekolah dan orang tua, dan hasil dari pelaksanaan program kerjasama tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk membantu sekolah dan orang tua dalam meningkatkan program kerjasama lebih maksimal di TKIT Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta dan TKIT Al-Khairaat Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di TKIT Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta dan di TKIT Al-Khairaat Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk program kerjasama sekolah dan orang tua diantaranya kegiatan POMG (parenting), buku laporan kegiatan, konsultasi langsung,(home visit), komunikasi via telepon. Proses pelaksanaanya sudah efektif dan konsisten dilakukan. (2) Upaya sekolah dalam membina pendidikan Islam peserta didik diantaranya dengan memberikan keteladanan,pembiasaan, memberikan nasehat, menanamkan kedisiplinan. Sedangkan orang tua berupaya dengan menanamkan kejujuran, membiasakan melakukan Ibadah, menanamkan sifat patuh, memberikan pengetahuan agama, dan mengenalkan nyanyian Islami. (3) Hasil program kerjasama antara sekolah dengan orang tua dalam melakukan pembinaan pendidikan Islam di TKIT Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta dan di TKIT Al-Khairaat Yogyakarta sudah dapat dikatakan berhasil dan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kerjasama sekolah dan orang tua
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2015 14:26
Last Modified: 09 Oct 2015 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17487

Actions (login required)

View Item View Item