MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT

SITI BARO’AH, S.PD.I, NIM. 1320412234 (2015) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT)
1320412234_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT)
1320412234_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari Tesis ini adalah bahwasannya kompetisi yang semakin tajam dari segala aspek kehidupan yang terjadi pada akhir-akhir ini memberikan dampak yang sangat besar bagi institusi pendidikan khususnya Perguruan Tinggi. Oleh karena itu perguruan tinggi banyak yang berlomba-lomba untuk tetap mempertahankan eksistensisnya dengan cara meningkatkan mutu pendidikannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses manajemen mutu di Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen dalam perspektif Total Quality Management dan bagaimana prinsip- prinsip manajemen mutu yang ada di Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen dalam perspektif Total Quality Management. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang manajemen mutu yang diterapkan di perguruan tinggi dengan menggunakan pendekatan Total Quality Manajemen baik dari proses maupun implementasi prinsip-prinsip yang ada dalam Total Quality Management. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai penyempurna konsep manajemen mutu di Perguruan Tinggi yang ideal dengan perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar belakang di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen tentang manajemen mutu pendidikan. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analsis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan sumber yaitu, membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dalam waktu dan melalui metode yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses manajemen mutu pendidikan di Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen ini dilakukan melalui planning, organizing, actuating, dan controling atau yang sering disebut dengan POAC. Kemudian dalam implementasi manajemen mutu tersebut Fakultas Tarbiyah telah menggunakan prinsip-prinsip yang ada dalam Total Quality Management, yaitu dengan memperhatikan kepuasan pelanggan, melakukan perbaikan terus menerus, respek terhadap setiap orang, bekerjasama antar team, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, adanya kebebasan terkendali, dan melakukan pendidikan dan pelatihan untuk anggota. Manajemen mutu yang diterapkan di Fakultas Tarbiyah ini termasuk dalam kategori baik karena sudah dilakukan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip yang ada dalam Total Quality Manajemen

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen mutu, Total Quality Manajemen
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2015 07:35
Last Modified: 12 Oct 2015 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum