KARAKTERISTIK KOMUNIKASI EMHA AINUN NADJIB DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI FORUM MAIYAH MOCOPAT SYAFAAT

AHMAD SADAM HUSAEIN, NIM. 1320412210 (2015) KARAKTERISTIK KOMUNIKASI EMHA AINUN NADJIB DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI FORUM MAIYAH MOCOPAT SYAFAAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KARAKTERISTIK KOMUNIKASI EMHA AINUN NADJIB DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI FORUM MAIYAH MOCOPAT SYAFAAT)
1320412210_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KARAKTERISTIK KOMUNIKASI EMHA AINUN NADJIB DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI FORUM MAIYAH MOCOPAT SYAFAAT)
1320412210_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya komunikasi dalam pendidikan Islam karena salah satu faktor penunjang keberhasilan tujuan pendidikan Islam adalah komunikasi yang efektif. Tingkat kreatifitas dan inovasi dalam berkomunikasi seorang pendidik perlu selalu dikembangkan supaya tercipta komunikasi yang efektif, mempunyai karakteristik yang baik, dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Karena seringkali kegagalan dalam pengajaran disebabkan oleh lemahnya sistem komunikasi. Karakteristik komunikasi Emha Ainun Nadjib di Forum Maiyah Mocopat Syafaat merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dinamis dan kreatif serta komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam karakteristik komunikasi Emha Ainun Nadjib, nilai-nilai pendidikan Islam yang diinternalisasikan melalui karakteristik komunikasinya, dan dampaknya terhadap jamaah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan dan pengembangan bagi guru-guru pendidikan Islam atau pemuka agama Islam dalam model berkomunikasi yang tidak kaku dan dapat menyentuh hati Audiens/komunikan (peserta didik). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif mengggunakan metode deskriptif analisis, dengan mengambil subjek utama Emha Ainun Nadjib dengan latar penelitian di forum Maiyah Mocopat Syafaat diTamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan antara lain menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) analisis dan penyajian data, 4) simpulan. Adapun penelitian ini memakai teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu teknik trianggulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik komunikasi Emha Ainun Nadjib dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di forum Maiyah Mocopat Syafaat memiliki karakteristik komunikasi sebagai berikut: 1). Komunikasi kultural, 2) Komunikasi Egaliter, 3) Komunikasi Interaksional, 4) Komunikasi Kontekstual, 5) Komunikasi Dekonstuktif, 6) Komunikasi Analogis, dan 7) Retorika Rekreatif. Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan Emha Ainun Nadjib di Forum Maiyah Mocopat Syafaat adalah : 1) Nilai Akidah/Tauhid, 2) Nilai Syariah, dan 3) Nilai Akhlak. dan dampak dari karakteristik komunikasi Emha Ainun Nadjib di forum Maiyah Mocopat Syafaat terhadap jamaah dapat diantaranya : 1) Menumbuhkan spiritualitas jamaah, 2) Perubahan Pola Pikir, 3) Ketahanan Mental, 4) Kerendahan Hati, 5) Kepedulian Sosial, 6) Sikap Toleransi dan Multikulturalisme, dan 7) menambah wawasan budaya serta kesadaran moral jamaah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si.,M.A,
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Komunikasi, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2015 07:35
Last Modified: 12 Oct 2015 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum