BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI PONDOK PESANTREN AL ISHLAH DARUSSALAM SEMARANG

SYA’BAN MAGHFUR, S.PD.I, NIM. 1320412201 (2015) BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI PONDOK PESANTREN AL ISHLAH DARUSSALAM SEMARANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI PONDOK PESANTREN AL ISHLAH DARUSSALAM SEMARANG)
1320412201_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI PONDOK PESANTREN AL ISHLAH DARUSSALAM SEMARANG)
1320412201_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Adanya kecenderungan penurunan sikap bagi para santri tingkat awal dalam hal penyesuaian diri yang dipengaruhi antara lain oleh adanya minat sebagian santri, banyak di antara mereka yang belajar di pondok pesantren bukan atas kehendak sendiri tetapi karena arahan orang tua. Apabila gejala semacam ini tidak segera diatasi maka penyesuaian diri akan menjadi masalah yang cukup serius di kalangan santri tingkat awal. Dengan demikian perlu diberikan jenis bimbingan yang dapat membantu kesulitan santri dalam penyesuaian diri di pondok pesantren. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pemberian layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Permasalahan utama adalah apakah bimbingan kelompok berbasis Islam dapat meningkatkan penyesuaian diri santri tingkat awal di Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok berbasis Islam dapat meningkatkan penyesuaian diri santri tingkat awal di Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan menggunakan desain penelitian Pre Experimental Design dengan jenis One Group Pre-Test and Post-Test Design. Populasi penelitian ini adalah santri tingkat awal di Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 santri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok berbasis Islam dapat meningkatkan penyesuaian diri santri tingkat awal di Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang berdasarkan perbandingan harga z hitung 4,994 > z tabel 1,96 dengan probabilitas = 0,000 < 0,05. Tingkat penyesuaian diri sebelum bimbingan kelompok berbasis Islam adalah 62,04% dan tingkat penyesuaian diri setelah bimbingan kelompok berbasis Islam sebesar 70,57%. Dalam hal ini terjadi kenaikan sebesar 8,53%. Berdasarkan hasil tersebut peneliti memberikan saran kepada pengasuh pondok pesantren agar memfasilitasi bimbingan dan konseling untuk membantu penyesuaian diri santri agar lebih mudah, dengan melibatkan alumni pondok pesantren yang berkompeten di bidang bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, bimbingan kelompok berbasis Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2015 07:35
Last Modified: 12 Oct 2015 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17506

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum