PEMETAAN MASALAH PRIBADI-SOSIAL SISWA DAN CARA PENYELESAIANNYA (ANALISIS DESKRIPTIF LAYANAN BK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA)

HASAN BASTOMI, S. PD. I, NIM. 1320412185 (2015) PEMETAAN MASALAH PRIBADI-SOSIAL SISWA DAN CARA PENYELESAIANNYA (ANALISIS DESKRIPTIF LAYANAN BK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMETAAN MASALAH PRIBADI-SOSIAL SISWA DAN CARA PENYELESAIANNYA (ANALISIS DESKRIPTIF LAYANAN BK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMETAAN MASALAH PRIBADI-SOSIAL SISWA DAN CARA PENYELESAIANNYA (ANALISIS DESKRIPTIF LAYANAN BK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Pemetaan Masalah Pribadi-Sosial Siswa Dan Cara Penyelesaiannya (Analisis Deskriptif Layanan BK di SMK Negeri 3 Yogyakarta). Kajian ini dilatar belakangi bahwa tahap remaja merupakan periode penting dalam kehidupan seseorang. Masa remaja menghadirkan begitu banyak tantangan, karena banyaknya perubahan yang harus dihadapi. Ketika seorang remaja tidak mampu berhadapan dan mengatasi tantangan perubahan ini secara sukses akan muncul berbagai masalah yang merugikan. Maka perlu upaya penyelesaian masalah dan sumber daya pribadi remaja dalam mengatsi masalah memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan relatif tetap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Dengan Jenis penelitian concurrent triangulation designs yaitu peneliti secara bersamaan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif. Sember data diperoleh dari angket observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa angka, kata-kata, dan gambar. Hasil penelitian pemetaan masalah pribadi-sosial siswa berdasarkan daftar cek masalah (DCM) yang terdiri dari sepuluh item menunjukkan; (1) Terdapat perbedaan tingkat masalah antar kelas, (2) Passing great mempengaruhi tingkat dengan masalah antar jurusan, dengan AV yang paling sedikit tingkat masalahnya dibanding TP dan TL, (3) Berdasarkan jenis kelamin perempuan lebih tinggi tingkat masalahnya dari pada laki-laki. Sedangkan pemetaan cara penyelesaian masalah siswa menunjukkan; (1) Kelas X lebih baik dalam penyelsaian masalah disebabkan rendahnya level masalah yang dihadapi, (2) Passing great dan input siswa mempengaruhi cara penyelesaian masalah dengan AV yang paling baik dalam menyelesaikan masalah dibanding TP dan TL, (3) Perempaun lebih bagus dalam hal penyelesaian masalah dibanding laki-laki dikarenakan laki-laki cenderung tidak perduli dengan keadaan. Peran BK kurang maksimal dalam mengatasi masalah pribadi-sosial siswa. Setidaknya ada 9 faktor mengapa BK dikatakan belum maksimal perannya dalam menyelesaiakan masalah pribadi-sosial siswa, yaitu; (1) banyaknya siswa yang menyelesaikan masalah dengan cara non produktif, (2) kurangnya kepercayaan siswa terhadap bidang BK, (3) tidak adanya jadwal masuk kelas untuk BK, (4) kurang maksimalnya pelaksanaan komponen layanan BK, (5) kurang terbukanya siswa terhadap masalah, (6) image BK sebagai polisi sekolah, (7) kurang aktifnya personil BK, (8) letak kantor BK yang jauh dari siswa, (9) BK masih mengandalkan pihak tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Imas Kania Rahman, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Masalah pribadi-sosial, Cara Penyelesaian, Layanan BK SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 13:01
Last Modified: 16 Oct 2015 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17510

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum