MANAJEMEN KONFLIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM (STUDI KASUS DEMONSTRASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

HALIMATUS SYA’DIYAH, NIM. 1320411248 (2015) MANAJEMEN KONFLIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM (STUDI KASUS DEMONSTRASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KONFLIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM (STUDI KASUS DEMONSTRASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KONFLIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM (STUDI KASUS DEMONSTRASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah dalam kehidupan sehari-hari konflik adalah sesuatu yang nyata dan selalu kita jumpai. Konflik yang terjadi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dalam hal ini yang melibatkan langsung dengan Mahasiswa antara lain kebijakan Uang Kuliah Tunggal. Karena perbedaan pandangan antara pimpinan UIN Sunan Kalijaga dengan Mahasiswa maka terjadilah konflik. Dalam penyelesaiannya lembaga pendidikan Islam tentu saja memiliki cara tersendiri dalam memahami konflik dan cara memanage konflik itu sendiri. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowboll sampling. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah Wakil Rektor III dan II, Humas, Wakil Dekan Fakultas Adab & Ilmu Budaya, Dakwah & Komunikasi, Syari’ah & Hukum, Dema, Sema, PMII, HMI, KAMMI, IMM. Metode analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, pengujian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Konflik yang terjadi antara birokrasi UIN Sunan Kalijaga dengan mahasiswa akibat dari penerapan kebijakan baru yang diterapkan oleh pimpinan UIN Sunan Kalijaga terjadi sebagai akibat dari ketidak sepemahaman dari masing-masing pihak. Konflik yang terjadi di UIN Sunan Kalijaga salah satunya adalah penerapan kebijakan pembayaran biaya kuliah dengan sistem Uang Kuliah Tunggal. Kedua, terdapat beberapa tindakan yang dilakukan oleh pimpinan UIN Sunan Kalijaga terhadap demonstrasi mahasiswa terkait penolakan terhadap penerapan sistem Uang Kuliah Tunggal antara lain dengan melakukan sosialisasi, audiensi, pendirian posko pengaduan Uang Kuliah Tunggal. Ketiga, adapun faktor pendukung dalam manajemen konflik di lembaga Pendidikan Tinggi Islam khususnya UIN Sunan Kalijaga dalam kasus demonstrasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu sikap kekeluargaan melalui kebijakan perubahan data, pimpinan UIN menerapkan sistem demokrasi sehingga semua berhak memberikan aspirasinya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dengan sistem komputerisasi maka apa yang menjadi rumus itulah yang akan menjadi hasil dan kurangnya pemahaman mahasiswa baru terhadap sistem Uang Kuliah Tunggal

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Konflik, Demonstrasi, Lembaga Pendidikan Tinggi Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:13
Last Modified: 21 Oct 2015 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum