ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA I DAN MAN YOGYAKARTA III)

ROUF TAMIM, SPDI, NIM. 1320411246 (2015) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA I DAN MAN YOGYAKARTA III). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA I DAN MAN YOGYAKARTA III))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA I DAN MAN YOGYAKARTA III))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rouf Tamim. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus Di MAN Yogyakarta I Dan MAN Yogyakarta III) Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam konsentrasi Pendidikan bahasa Arab Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis implementasi Kurikulum 2013 pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta III. Sebagaimana diketahui bahwa implementasi Kurikulum 2013. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sumber data penelitian yaitu kepala madrasah, Waka kurikulum dan guru bahasa Arab. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian dalam empat tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Latar Belakang Implementasi Kurikulum 2013 pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta III, yaitu: sebagai pelaksana dari pemerintah untuk menyukseskan Implementasi, menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa yang mampu membuka cakrawala dunia keislaman dan siswa mampu membaca, menulis, berbicara, dan menyimak dengan menggunakan bahasa Arab. Kedua, Implementasi Kurikulum 2013 meliputi: Proses, Tujuan, Materi, Metode, Media, Evaluasi, Guru bahasa Arab dan Siswa. Ketiga, Hasil Monitoring implementasi Kurikulum 2013 pembelajaran bahasa Arab berjalan sesuai dengan pedoman Kurikulum 2013 dengan menggunakan analisis Monitoring; kepatuhan, pemeriksaan, akuntansi, dan eksplanasi proses implementasi berdasarkan Monitoring Kebijakan sesuai dengan apa yang diharapkan. Keempat, Analisis implementasi Kurikulum 2013 pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta III meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi berjalan sesuai dengan tujuan implementasi Kurikulum 2013 pembelajaran bahasa Arab yaitu semua komponen madrasah kepala madrasah, guru pelaksana mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tuntunan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian Kurikulum 2013. Kelima, kendala implementasi Kurikulum 2013 yaitu; Evaluasi Penilaian Autentik, Buku Ajar, Peserta Didik. Kenam, Strategi mengatasi kendala implementasi Kurikulum 2013, di MAN Yogyakarta I yaitu; Program Berjangka (panjang, menengah, dan pendek), Arabic Club, BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an), dan Forum MGMP, di MAN Yogyakarta III yaitu; pendampingan khusus guru, pengawas senior, Mendirikan Asrama, Forum MGMP, BQT (Baca Tulis Al-Qur’an).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Janan Asifuddin, MA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:43
Last Modified: 05 Oct 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum