GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

ULFA LAILI QODRIYAH, NIM. 1320411244 (2015) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Ulfa Laili Qodriyah : Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di MAN Godean Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di MAN Godean Yogyakarta, kedua, untuk mengetahui keberhasilan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di MAN Godean Yogyakarta, dan ketiga, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di MAN Godean Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam tesis ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada dua sumber data dalam penelitian ini adalah, kepala madrasah, guru, karyawan, dan siswa. Metode analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion/ verification). Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. pertama, gaya kepemimpinan kepala madrasah MAN Godean Yogyakarta adalah demokratis, hal ini dapat dilihat dari pengembangan sumber daya dan kreativitas pendidik, tenaga kependidikan maupun siswa, penyelesaian masalah dengan musyawarah mufakat, dan pembagian tugas dan wewenang. Kedua, kepala madrasah cukup tercapai dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan, baik dalam meningkatkan layanan pembelajaran, layanan bimbingan dan konseling, layanan kepegawaian, layanan keuangan dan layanan kesejahteraan. Ketiga, faktor pendukung implementasi dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di MAN Godean Yogyakarta, yaitu adanya kepemimpinan kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan yang mendukung peningkatan mutu layanan pendidikan. Selain itu kepala madrasah juga membagi tugas dan wewenang sesuai dengan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan.Sedangkan faktor penghambatnya adalah pendidik dan tenaga kependidikan ketika ada jam pelajaran belum tepat waktu, akan tetapi kepala madrasah dapat mengatasi dengan mengevaluasi dan mengadakan rapat koordinasi. Selain itu juga sarana prasarana ada yang belum terpenuhi, akan tetapi kepala madrasah sudah mengusahakan dananya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam M.A
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Layanan Pendidikan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:45
Last Modified: 05 Oct 2015 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum