PROGRAM KEGIATAN MUHADARAH DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA

MARFUATUSH SHALIHAH, NIM. 1320411187 (2015) PROGRAM KEGIATAN MUHADARAH DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KEGIATAN MUH}A>D}ARAH DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA)
1320411187_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KEGIATAN MUH}A>D}ARAH DALAM MENGASAH KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA)
1320411187_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Marfuatush Shalihah, Program Kegiatan Muhadarah dalam Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Tesis. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan muhadarah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat optimalisasi kegiatan muhadarah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Program kegiatan muhadarah merupakan salah satu kegiatan penunjang bahasa Arab di Pondok Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta selain ilqa’ al-mufradat, muhadas\ah dan debat. Kegiatan-kegiatan ini diselenggarakan untuk dapat membantu santri dalam memperdalam dan mengasah empat kemahiran berbahasa (istima’, kalam, qira’ah dan kitabah) yang dalam hal ini difokuskan pada kemahiran berbicara bahasa Arab. Dengan adanya kegiatan muhadarah khususnya diharapkan mampu menambah kepercayaan diri pada santri untuk mampu berbicara bahasa Arab tanpa perasaan khawatir dan gugup. Dengan demikian, santri juga mendapatkan kesempatan untuk terus berlatih mengeksplorasikan kemampuan mereka dan mempraktikkan bahasa Arab dalam komunikasi sehari-hari di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field work research), dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas yang dilakukan dengan tringgulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses kegiatan muhadarah yang dilaksanakan dua kali dalam seminggu, yang diikuti oleh santri kelas I sampe kelas IV Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta cukup berjalan dengan baik. Namun, masih terlihat kurang optimal dikarenakan terdapat beberapa hambatan, yaitu: 1) rendahnya motivasi santri dan kurangnya penguasaan kosakata, 2) masih terdapat santri yang kurang percaya diri ketika latihan berpidato, 3) minimnya waktu yang diberikan untuk santri berlatih pidato. Namun, kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan-dukungan yang menjadikan kegiatan ini berjalan dengan baik. Seperti dukungan dari kiai/pimpinan, ustaz dan musyrif, karyawan pesantren, dan juga adanya kerjasama dari para wali santri dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Muhammad Amin, Lc., M.A
Uncontrolled Keywords: Keyword: Kemahiran Berbicara, Public Speaking (muhadarah)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 09:39
Last Modified: 05 Oct 2015 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17542

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum