KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif II Giriloyo Bantul Yogyakarta)

SYAIFUR ROHMAN, S.Pd.I., NIM : 1320420005 (2015) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif II Giriloyo Bantul Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif II Giriloyo Bantul Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif II Giriloyo Bantul Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Peran seorang pemimpin dalam sebuah organisasi sangat vital. Pemimpin mempunyai hak untuk memerintah seluruh staf agar bekerja sama sehingga lembaga berubah ke arah yang lebih baik. Oleh sebab itu maju mundurnya sebuah organisasi tergantung kepada pemimpinnya. Begitu pula di lembaga pendidikan, tak terkecuali di madrasah. Madrasah yang merupakan lembaga pendidikan islam tertua di Indonesia dalam realitanya belum bisa memberikan kontribusi signifikan dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan lemahnya managemen pengelolaan di madrasah yang berpusat pada lemahnya sosok kepala madrasah. Hingga saat ini madrasah masih menjadi lembaga pendidikan kelas kedua, karena dianggap pendidikan yang dijalankan tidak sesuai dengan dunia kerja. Faktor inilah yang menyebabkan madrasah yang mayoritas berstatus swasta belum bisa menjadi lembaga pendidikan ideal seperti yang diharapkan. Kajian tentang kepemimpinan era modern memunculkan salah satu model kepemimpinan yaitu kepemimpinan transformasional. Model kepemimpinan ini pertama kali dicetuskan oleh James MacGregor Burn dan mempunyai landasan teori kebutuhan manusia Abraham Maslow yang menyakini bahwa manusia mempunyai kebutuhan mulai jasmani dan rohani. Model kepemimpinan ini mempunyai penekanan pada aspek pemberdayaan seluruh stakeholder dan mengarahkan lembaga agar berubah ke bentuk yang berbeda. Untuk membawa sebuah lembaga ke arah yang lebih baik maka seorang pemimpin harus memperhatikan kebutuhan dari seluruh staf, baik materi dan non materi, memberdayakan seluruh staf serta meningkatkan kualitas mereka. Pemimpin transformasional mempunyai empat aspek dominan yaitu Idealized Influence, Inspiration Motivation, Intellectual Stimulation, dan Individual Consideration. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi, dokumentasi serta Indept Interview sebagai metode pengumpulan data. Setelah melakukan analisa data peneliti dapat menyimpulkan bahwa kepala madrasah di MI Ma’arif II Giriloyo adalah pemimpin yang transformasional, indikatornya adalah kemajuan yang dicapai madrasah saat ini. Dengan empat aspek di atas kepala madrasah masih lemah dalam Inspiration Motivation hal ini dikarenakan berbedanya latar belakang pendidikan dan faktor internal para guru. Dalam teori Hierarki of Needs peneliti menyimpulkan bahwa kepala madrasah telah mencapai tahap keempat yaitu tahap pemberian penghargaan, belum sampai tahap aktualisasi diri. Peneliti menemukan cara yang digunakan oleh kepala madrasah untuk merealisasikan visi dan misi madrasah yaitu menciptakan ide/terobosan, menyakinkan, memberdayakan dan memberikan penghargaan sesuai kinerja seluruh stakeholder, sehingga tercipta suasana nyaman dan stakeholder pun bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk mewujudkan visi dan misi lembaga dan mendorong lembaga ke arah yang lebih baik. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2015 01:43
Last Modified: 20 Oct 2015 01:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17557

Actions (login required)

View Item View Item