INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM HUMANISTIK DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANTUL YOGYAKARTA

REKA MISWANTO, NIM: 1320420006 (2015) INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM HUMANISTIK DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM HUMANISTIK DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM HUMANISTIK DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis untuk mengkaji pendidikan di sekolah dasar khususnya mengenai inovasi pengembangan kurikulum, kurikulum dan inovasi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebagai suatu rencana kurikulum tidak akan bermakna manakala tidak mempunyai inovasi. Demikian juga sebaliknya, tanpa kurikulum yang jelas sebagai acuan, maka inovasi tidak akan berlangsung secara efektif, itu sebabnya inovasi dan kurikulum merupakan dua hal yang sangat penting yang dapat meningkatkan minat belajar bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melacak inovasi pengembangan kurikulum pendidikan dan sekaligus mencoba untuk menganalisis karakter inovasi pengembangan kurikulum tersebut melalui pendekatan kurikulum Humanistik, teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori-teori tentang kurikulum, dan juga teori kurikulum Humanistik, teori kurikulum merupakan kerangka teoritis-normatif untuk melihat inovasi pengembangan kurikulum pendidikan, sedangkan teori Humanistik digunakan untuk menyusun serta melacak karakter-karakter inovasi pengembangan kurikulum di SD Muhamadiyah Karangbendo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan melalui pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara mendalam, dan juga dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif-interpretatif melalui langkah-langkah siklus interaktif yang komponennya meliputi reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan tersebut memberikan penjelasan bahwa: (1). Dalam hal inovasi pengembangan kurikulum pendidikan di SD Muhamadiyah Karangbendo memiliki prinsip keseimbangan, yaitu kesuksesan dunia dan kebahagiaan akhirat, sehingga bentuk inovasi pengembangan kurikulum tersebut tidak hanya mengedepankan kegiatan dunia semata, atau akhirat semata akan tetapi keduanya berjalan beriringan. (2). Bentuk inovasi kurikulum yang dikembangkan oleh sekolah tersebut meliputi : baca tulis Iqra’ Al-Qur’an, shalat berjamaah, pembelajaran berbasis perpustakaan, FDS (Full day school) dan koperasi siswa. bentuk inovasi tersebut beberapa diantaranya memiliki karakter kurikulum Humanistik, meliputi: (a). Integralistik, (b). Peran guru tidak otoritatif, (c). Proses pembelajaran bersifat kooperatif, dan (d). Evaluasi tidak memilik kriteria Pencapaian. (3). Kendala yang dihadapi sekolah dalam pengembangan kurikulum tersebut meliputi, (a). Manajemen, (b). Sarana dan Prasarana, (c). Dana, (d). Waktu. Kata kunci: Inovasi Pengembangan Kurikulum, Kurikulum Humanistik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pengembangan Kurikulum, Kurikulum Humanistik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 00:37
Last Modified: 13 Oct 2015 00:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17558

Actions (login required)

View Item View Item