IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN BARU YOGYAKARTA

SUPARLAN, S.PD.I, NIM. 1320420012 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN BARU YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN BARU YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN BARU YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Demangan Yogyakarta merupakan SD unggulan. Hal itu dilihat dari beberapa prestasi siswa baik di tingkat Provinsi maupun Nasional, sarana dan prasarana yang memadai, suatu semangat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SD tersebut. Hal demikian, tentunya tidak bisa terlepas dari peran guru selaku pendidik dan pembimbing dalam memberikan layanan di dalam kelas maupun di luar kelas. Sekolah Dasar Muhammadiyah termasuk salah satu sekolah yang di tunjuk oleh Kemenag untuk menerapkan kurikulum 2013. Perlu dilakukan penelitian tentang implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif. Menjadi subjek dalam penelitian ini guru dan siswa di kelas IV SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Proses analisis data yaitu: menelaah data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini: (1). Guru di SD Muhammadiyah sudah memahami dan mengerti teori pendekatan saintifik, langkah-langkah dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik menurut guru kelas IV SD Muhammadiyah, Pak Kastowo “pendekatan yang dimulai dari pengamatan dulu, terus pertanyaan, kemudian percobaan, kemudian menyimpulkan dan nanti akan tahu hasilnya itu lebih baik”. (2) Pendekatan saintifik di SD Muhammadiyah Demangan Baru Yogyakarta sudah di implementasikan, tetapi belum sempurna, sebab dalam implementasinya guru lebih menggunakan pemahaman siswa dan tdiak dihadapkan pada media pembelajaran. (3) Adapun kendala yang dihadapi guru pada penerapkan pendekatan saintifik yaitu, pertama waktu yang sangat singkat per sub tema. Kedua biaya yang dibutuhkan sangat besar untuk menghadapkan media pembelajaran. Ketiga ketika guru menemukan siswa yang kurang aktif saat pembelajaran. Kata Kunci: saintifik, kurikulum 2013 dan IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj, Siti Fatonah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: saintifik, kurikulum 2013 dan IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:38
Last Modified: 13 Oct 2015 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17562

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum