PERAN ORANGTUA DAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM UJIAN SEKOLAH/MADRASAH DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

SARJU, NIM: 1320421022 (2015) PERAN ORANGTUA DAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM UJIAN SEKOLAH/MADRASAH DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANGTUA DAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM UJIAN SEKOLAH/MADRASAH DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANGTUA DAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM UJIAN SEKOLAH/MADRASAH DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

MIN Jejeran adalah merupakan salah satu madrasah negeri yang ada di kecamatan Pleret, yang perkembangannya sangat baik dari segi akademik maupun non akademik.Dari hasil US/M di tingkat UPT. PPD. Pleret beberapakali rangking pertama walaupun kadang naik kadang turun.Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara orangtu dan sekolah, sehingga peran orangtua sangat diperlukan untuk prestasi belajar siswa khususnya dalam Ujian Sekolah/Madrasah karena hasilnyamenjadi tolok ukur prestasi suatu sekolah, juga untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya. Sehingga peran orangtua dan guru sangat menentukan keberhasilan US/M.Berdasarkan hal ini penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orangtua dan guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VI dalam Ujian Sekolah/Madrasah. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskripsif dengan mengambil lokasi di MIN Jejeran, Wonokromo,Pleret, Bantul.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara mendeskripsikan data dan memberikan analisa terhadap hasil olahan data dan menarik kesimpulan berdasarkan data yang ditemukan di lapangan. Adapun dalam penelitian ini cara untuk mengabsahkan data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1)Peran orangtua dalam prestasi US/M Orangtua memberikan dukungan terutama dari pendanaan, orangtua mendampingi anak dalam belajar sesuai dengan kemampuannya, membuat kondisibelajar dirumah dengan baik, memberikan fasiitas belajar,memberikan motivasi kepada anaknya untuk berprestasi dalam US/M,memberikan tambahan belajar berupa les, baik ke bimbinganbelajar, mengundang guru les kerumah. Mencarikan bukureferensi sesuai kisi-kisi US/M,orangtua merupakan sumber pembiayaan pendidikan anak.(2) Peran guru dalam menghadapi US/M di MIN Jejeran Guru kelas VI adalah Memberikan pendalaman materi US/M kepada siswa,memberikan motivasi kepada siswa,melaksanakan try out ,menganalisis hasil try out untuk mengetahui pencapaian nilai siswa dan bahan perbaikan. Guru bersemangat dalam memberi tambahan belajar berupa les di sekolah.(3) Faktor pendukung dan penghambat ketercapain tujuan yaitu a) Faktor pendukung terbagi 2 yaitu guru, dan orang tua. Guru memberikan dukungan dengan mengefektifkan pembelajaran, pendalaman materi, melakukan bedah kisi-kisi, try out dan refreshing.MIN Jejeran didukung guru yang professional dan berpengalaman mendampingi siswa dalam US/M. Orangtua siswa mendukung adanya kegiatan di madrasah, memberikan fasilitas pada anaknya, memperhatikan anaknya.Sedangkan faktor penghambat yaitu input siswa yang tidak diseleksi, orang tua yang hanya menyerahkan anaknya sepenuhnya pada sekolah, dan kurang matangnya materi pelajaran kelas IV dan kelas V. Kata Kunci:Peran Orangtua dan Guru, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Orangtua dan Guru, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 00:38
Last Modified: 13 Oct 2015 00:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17565

Actions (login required)

View Item View Item