NILAI-NILAI PENDIDKAN HUMANIS RELIGIUS PADA TEKS PAI MI DAN PAK SD DALAM KURIKULUM 2013 (Analisis Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Dasar)

AGUS RIYAN OKTORI, NIM: 1320421027 (2015) NILAI-NILAI PENDIDKAN HUMANIS RELIGIUS PADA TEKS PAI MI DAN PAK SD DALAM KURIKULUM 2013 (Analisis Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Dasar). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDKAN HUMANIS RELIGIUS PADA TEKS PAI MI DAN PAK SD DALAM KURIKULUM 2013 (Analisis Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Dasar))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDKAN HUMANIS RELIGIUS PADA TEKS PAI MI DAN PAK SD DALAM KURIKULUM 2013 (Analisis Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Dasar))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh beragam problematika yang terjadi di Indonesia, khususnya berhubungan dengan nilai-nilai kemanusiaan seperti kasus kekerasan anak di sekolah, penindasan kaum minoritas, pelecehan agama, serta hilangnya semangat keberagamaan. Berangkat dari masalah tersebut, sebagai langkah antisipatif yang perlu dilakukan agar problematika tersebut tidak terus terjadi adalah melakukan analisis terhadap 2 teks pembelajaran yang berbeda secara agama untuk mengetahui sejauh mana kepedulian terhadap pendidikan dalam menanamkan nilai humanis religius sebagai suatu bentuk keharusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap muatan nilai-nilai humanis religius pada teks pembelajaran akidah akhlak dan pendidikan agama Kristen. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah kualitatif yang bersifat kepustakaan (library research) dengan pendekatan filosofis. Objek penelitiannya adalah buku pembelajaran akidah akhlak dan buku pendidikan agama Kristen dengan teknik dokumentasi berbentuk fitur, rubrikasi, dan uraian materi. Metode analisis data yang penulis lakukan yaitu dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan nilai-nilai humanis religius (nilai persaudaraan, nilai toleransi, nilai keadilan, dan nilai demokrasi) pada buku pelajaran akidah akhlak lebih dominan muatan nilainya dibandingkan dengan buku pelajaran pendidikan agama Kristen, baik dalam bentuk fitur (17 fitur dan 28 muatan nilai banding 4 fitur dan 8 nilai), rubrikasi (35 rubrik dan 56 nilai banding 20 rubrik dan 29 nilai), maupun uraian materi (15 uraian banding 11 uraian). Buku pelajaran akidah akhlak diuntungkan dengan tampilan muatan bab lebih banyak yakni 13 bab dibandingkan dengan buku pelajaran pendidikan agama kristen yang hanya berjumlah 10 bab. Kata Kunci: Humanis Religius, Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Agama Kristen Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Usman, SS., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Humanis Religius, Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Agama Kristen Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2015 07:24
Last Modified: 09 Oct 2015 07:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17566

Actions (login required)

View Item View Item