EKSTRAKURIKULER SAINS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK

MUHAMMAD IKROM KARYODIPUTRO, NIM: 1320421033 (2015) EKSTRAKURIKULER SAINS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSTRAKURIKULER SAINS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EKSTRAKURIKULER SAINS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berkenaan dengan pentingnya pembelajaran sains yang berorientasi pada pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik. Penerapan pembelajaran yang demikian, salah satunya dapat diaplikasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler sains. Kegiatan ekstrakurikuler sains sangat penting dilaksanakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran kurikuler yang sering kali kurang menerapkan pembelajaran melalui pemberian pengalaman secara lagsung kepada peserta didik. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler sains yang dilaksanakan di SDIT BAIK, pengembangan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler sains, sikap ilmiah dan keterampilan proses sains peserta didik yang mengikuti dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sains, dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler sains. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar SDIT BAIK. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data yang kemudian diperiksa keabsahannya melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sains di SDIT BAIK diadakan sekali dalam seminggu. Penerapan kegiatan pembelajaran dalam ekstrakurikuler sains menggunakan metode bermain peran yang mengacu pada materi dalam majalah KUARK dan metode eksperimen berdasarkan materi yang diperoleh dari media cetak dan internet yang disesuaikan dengan tingkat pengetahuan peserta didik. 2) Pengembangan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains oleh pembina ekstrakurikuler sains terhadap peserta didik dilakukan melalui pengaplikasian pembelajaran yang memberikan stimulan terhadap munculnya komponen sikap dan keterampilan terkait dengan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains. Setiap aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan dalam ekstrakurikuler sains diorientasikan pada tumbuhnya komponen-komponen sikap ilmiah dan keterampilan proses sains pada diri peserta didik. 3) Sikap ilmiah dan keterampilan proses sains yang ditunjukkan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sains lebih tinggi dan mendalam dibandingkan dengan peserta didik yang tidak mengikuti kegiatan tersebut. 4) Faktor pendukung terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler sains yaitu besarnya dukungan yang diberikan oleh wali peserta didik. Faktor penghambat kegiatan ekstrakrikuler sains berhubungan dengan masalah teknis pembelajaran yaitu pengkondisian peserta didik dan pemilihan materi pembelajaran eksperimen yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Kata Kunci: ekstrakurikuler sains, sikap ilmiah, keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler sains, sikap ilmiah, keterampilan proses sains.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 00:38
Last Modified: 13 Oct 2015 00:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17568

Actions (login required)

View Item View Item