PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MI/ SD DI GUNUNGKIDUL

DALUTI DELIMANUGARI, NIM: 1320421041 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MI/ SD DI GUNUNGKIDUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MI/ SD DI GUNUNGKIDUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MI/ SD DI GUNUNGKIDUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan media permainan IPA untuk kelas IV MI/ SD, 2) mengetahui kualitas atau kelayakan media permainan IPA untuk siswa MI/SD berdasarkan ahli media dan ahli materi, serta 3) mengetahui hasil pengembangan media permainan IPA dalam meningkatkan minat serta hasil belajar bagi siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jalakan dan SD Muhammadiyah Bogor di Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan meliputi potensi dan masalah, perencanaan, menyusun draf produk, validasi desain, revisi desain, uji coba lapangan terbatas, revisi hasil uji coba lapangan terbatas, uji coba lapangan luas, revisi produk akhir. Dalam pelaksanaan uji coba lapangan terbatas yang menjadi subyeknya adalah 9 siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jalakan. Setelah itu, produk dilakukan revisi II maka uji coba lapangan luas melibatkan 25 siswa SD Muhammadiyah Bogor. Semua subyek tersebut diminta untuk mengisi angket dan soal pembelajaran IPA. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitiana dalah: 1) Media permainan yang dimaksud dalam penelitian adalah permainan Petir Pelangi dan Monopoli IPA yaitu bentuk permainan yang di dalamnya terdapat materi-materi IPA khususnya pada Bab Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit untuk kelas IV yang dibuat dengan menggunakan program Paint, serta dilengkapi dengan alat pendukungl ainnya. 2) Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa permainan Petir Pelangi dan Monopoli IPA layak atau baik digunakan sebagai media media pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil skor penilaian permainan Petir Pelangi dan Monopoli IPA berturut-turut mencapai rata-rata 4,3 dalam kategori sangatbaik, dan 4,08 dalam kategori baik. 3) Pada uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan luas media permainan petir pelangi dan monopoli IPA hanya dapat meningkatkan minat belajar berturut-turut sebesar 6,55 dengan gain standar 0,41 pada kategori sedang dan 4, 64 dengan gain standar 0,27 pada kategori rendah. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa pada uji lapangan terbatas dan uji lapangan luas kedua media permainan tersebut dapat meningkatkan berturut-turut sebesar 12,77 dengan gain standar 0,31 pada kategori sedang dan 13,4 dengan gain standar sebesar 0,33 pada kategori sedang. Kata kunci: media permainan IPA, minat belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Zahdan KP. M.Pd.Ed
Uncontrolled Keywords: media permainan IPA, minat belajar, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 00:38
Last Modified: 13 Oct 2015 00:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17569

Actions (login required)

View Item View Item