MODEL PENDIDIKAN ISLAM STUDI KOMPARASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA 2, MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TERONG, DAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO YOGYAKARTA

RINA MURNIKA, NIM : 1320421042 (2015) MODEL PENDIDIKAN ISLAM STUDI KOMPARASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA 2, MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TERONG, DAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDIDIKAN ISLAM STUDI KOMPARASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA 2, MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TERONG, DAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDIDIKAN ISLAM STUDI KOMPARASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA 2, MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TERONG, DAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah: karena banyaknya layanan pendidikan Islam di Yogyakarta, dan masing-masing lembaga pendidikan tersebut menawarkan konsep pendidikan Islam yang berbeda-beda. Setiap konsep pendidikan Islam tentunya memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi para peminatnya. Lembaga pendidikan Islam pada tingkat dasar seperti SD/MI juga sangat beragam, ada MI Ma’arif, yang diidentikkan dengan sekolahnya orang-orang NU, ada lagi MI Muhammadiyah, yang juga diidentikkan dengan sekolahnya orang-orang muhammadiyah, dan adapula MI Negeri, yang merupakan MI yang berdiri di bawah naungan KEMENDIKBUD. Model pendidikan Islam merupakan miniatur dari sebuah rencana pembelajaran yang biasanya tertuang dalam konsep-konsep pendidikan. Banyaknya lembaga-lembagan pendidikan Islam inilah maka yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah MI Negeri Yogyakarta 2, MI Ma’arif Bego, dan MI Muhammadiyah Terong, yang ada di Yogyakarta. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah konsep dasar pendidikan Islam di MIN Yogyakarta 2, MI Ma’arif Bego, dan MI Muhammadiyah Terong. (2) Apa perbedaan dan persamaan dari konsep pendidikan Islam di MIN Yogyakarta 2, MI Ma’arif Bego, dan MI Muhammadiyah Terong. (3) Bagaimana model pendidikan Islam di madrasah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif, sumber data diperoleh dari kurikulum disetiap madrasah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah interview, observasi, dokumentasi. Sedangkan metode analisi data yang digunakan adalah diskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah konsep pendidikan Islam di MIN Yogyakarta 2 adalah agama, IPTEK, dunia akhirat. Sedangkan konsep pendidikan di MI Ma’arif Bego adalah Agama, Tuhan, dan akhirat. Dan konsep pendidikan di MI Muhammadiyah Terong adalah Agama, Akhirat, akhlak, dan sosial. Persamaan dan perbedaan konsep pendidikan dari masing-masing masdrasah adalah tujuan utama dari ketiga madrasah adalah agama, sedangkan yang membedakan adalah kegiatan-kegiatan yang menunjang tujuan utama madrasah, yang sedah barang tentu menjadikan perbedaan dalam konsep pendidikannya. Sedangkan model pendidikan Islam di masing-masing madrasah adalah model pendidikan Islam di MIN Yogyakarta 2 adalah agama, IPTEK, yang termasuk dalam model pragmatis. Sedangkan model pendidikan di MI Ma’arif Bego adalah Agama, yang termasuk dalam model idealistik. Dan model pendidikan di MI Muhammadiyah Terong adalah Agama, A, akhlak, dan sosial, yang termasuk dalam model dialektis. Kata Kunci: Model Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Maksudin, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 01:14
Last Modified: 21 Oct 2015 01:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17570

Actions (login required)

View Item View Item