PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi di MIN Yogyakarta II)

DJOKO ROHADI WIBOWO, NIM : 1320422023 (2015) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi di MIN Yogyakarta II). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi di MIN Yogyakarta II))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi di MIN Yogyakarta II))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Islam sering terlambat merumuskan diri untuk merespon perubahan dan kecenderungan masyarakat sekarang dan akan datang. Usaha pembaruan pendidikan Islam sering bersifat sepotong-potong dan tidak komprehensif, sehingga tidak terjadi perubahan yang esensial, pendidikan Islam tetap berorientasi pada masa silam ketimbang berorientasi kepada masa depan. Karena zaman berubah, maka kurikulum harus lebih berbasis pada penguatan penalaran, bukan lagi hafalan semata. Pembelajaran di abad 21 saat ini harus dapat mengembangkan kemampuan kreatif-kritis, karakter, dan kemampuan siswa dalam memanfaatkan informasi dan berkomunikasi. Sehingga kurikulum 2013 meginstruksikan guru untuk menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik pada setiap mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap cara membangun sikap kritis siswa melalui pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MIN Yogyakarta II. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan menyampaikan hasil. Peserta didik yang berpikir kreatif, paling tidak memiliki ciri-ciri; (1) sensitif dalam melihat suatu masalah, (2) memiliki atau mengemukakan pemikiran orisinil, (3) mengemukakan ide dengan lancar, (4) berpikir fleksibel, dan (5) mampu mengutarakan kembali pengetahuan yang telah dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian analisis deskriptif dalam bentuk kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Jadi, peneliti mengamati secara langsung untuk mengetahui gejala-gejala yang muncul terkait implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN Yogyakarta II, kemudian dianalisa oleh peneliti untuk menemukan fakta maupun penyebab. Sumber data penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak dan siswa MIN Yogyakarta II. Data penelitian dikumpulkan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sudah cukup baik karena siswa turut terlibat aktif dalam kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengolah informasi, sampai dengan menyampaikan hasil. Adapun pengembangan sikap kritis siswa melalui pendekatan saintifik adalah: (1) kegiatan mengamati dan menanya melatih siswa untuk sensitif dalam melihat informasi dan menghasilkan ide orisinil, (2) kegiatan mengumpulkan dan mengolah informasi melatih siswa untuk berpikir fleksibel, dan (3) kegiatan menyampaikan hasil melatih siswa untuk mengemukakan ide dengan lancar dan mampu mengutarakan kembali pengetahuan yang telah dimiliki. Hampir secara keseeluruhan rangkaian kegiatan pembelajaran mendukung pengembangan sikap kritis siswa. Adapun faktor yang dapat menghambat adalah; (1) kurangnya sumber bacaan yang dipersiapkan guru untuk siswa, dan (2) kurangnya perhatian guru kepada siswa saat berdiskusi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 01:14
Last Modified: 21 Oct 2015 01:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17571

Actions (login required)

View Item View Item