EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman)

UMMU AIMAN, NIM : 1320422039 (2015) EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penilaian yang telah dilaksanakan di MIN Tempel sesuai dengan acuan pada penilaian autentik yakni penilaian pada pembelajaran Contektual Teaching and Learning, penilaian sikap pembiasaan kegiatan keagamaan dan penilaian keterampilan olah raga. Namun penilaian tersebut belum mewakili adanya penilaian sejati pada diri siswa atau penilaian autentik, hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini meliputi perencanaan penilaian autentik, pelaksanaan penilaian autentik serta faktor pendukung dan penghambat penilaian autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta factor pendukung dan penghambat penilaian autentik kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis evaluatif, dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Analilsis data yang digunakan adalah model Miles and huberman, yaitu (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Setelah data disajikan kemudian dilanjutkan evaluasi terhadap data yang diperoleh dengan dasar pada kajian teori, kriteria penilaian autentik, kriteria evaluasi dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian didapat bahwa perencanaan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 belum sepenuhnya terencana secara maksimal, yakni belum adanya pelatihan secara khusus dalam membuat instrument penilaian seperti rubric dan lembar kerja, pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 di MIN Tempel belum sepenuhnya menggunakan instrument yang sesuai prosedur penilaian autentik. Faktor pendukung pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 adalah Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam, mengenai madrasah yang tetap melanjutkan pelaksanaan kurikulum 2013, sedangkan faktor penghambatnya adalah kekurangpemahaman guru tentang proses

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: evaluasi pelaksanaan penilaian autentik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:14
Last Modified: 21 Oct 2015 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17572

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum