MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Yogyakarta)

ALFIAN EKO ROCHMAWAN, NIM : 1320422044 (2015) MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (784kB)

Abstract

Lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negri Tempel adalah lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dengan berlandaskan pendidikan Islam yang tidak terlepas dari kompetisi dan persaingan dari lembaga pendidikan Islam lainnya. Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel merupakan lembaga dibawah naungan Kementerian Agama. Adapun tujuan pendiriannya adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, yang diharapkan akan tercapai secara meyeluruh dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan bagaimana manajemen pengembangan mutu yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel yang meliputi Planing, Organizing, Actuating, Controling. Didalamnya analisis dengan melihat kekutan lembaga yaitu pelaksanaan dan pengembangan mutu lembaga pendidikan. Hasil penelitian didapat bahwa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Yogyakarta memiliki karakteristik yang berbeda dengan lembaga Madrasah Ibtidaiyah lain yang sejenisnya. Pengembangan mutu lembaga pendidikan dapat ditinjau melalui teori perencanaan, pengorganisasian, pengawasan atau pengontrolan. Dalam dataran praktis fungsi manajemen tersebut telah dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Yogyakarta dan sudah dijalankan secara efektif. Dengan demikian pelaksanaan manajemen pengembangan mutu lembaga pendidikan secara umum berdampak langsung pada pengelolaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Yogyakarta. Kerjasama lembaga telah tertanam dalam setiap guru, pegawai dan siswa sehingga menghasilkan lulusan yang berprestasi tinggi, berakhlak qur’ani, percaya diri, sehat berwawasan lingkungan dan inovatif. Kata Kunci : Pengembangan, Manajemen, Lembaga Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Manajemen, Lembaga Pendidikan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 01:14
Last Modified: 21 Oct 2015 01:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17573

Actions (login required)

View Item View Item