PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ANAK (Kajian Buku Dongeng Tunas Integritas Komisi Pemberantasan Korupsi)

MUHAMMAD ABDAN SYAKURA, S.PD, 1320430001 (2015) PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ANAK (Kajian Buku Dongeng Tunas Integritas Komisi Pemberantasan Korupsi). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ANAK (Kajian Buku Dongeng Tunas Integritas Komisi Pemberantasan Korupsi))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ANAK (Kajian Buku Dongeng Tunas Integritas Komisi Pemberantasan Korupsi))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah degradasai moral yang mengakibatkan maraknya kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Bentuk pencegahan yang paling efektif adalah melalui jalur pendidikan. Pendidikan anti korupsi pada anak usia dini merupakan bentuk penanaman nilai-nilai moral sejak dini. Anak usia dini mengalami perkembangan fisik dan psikis yang cepat, sehingga penanaman nilai pendidikan anti korupsi harus sejalan dengan perkembangan psikologi anak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana pendidikan anti korupsi pada anak usia dini dilihat dalam perspektif psikologi anak. Adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan/library research yakni dengan menelaah buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku dongeng Tunas Integritas yang diterbitkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode interpertasi dengan menggunakan pendekatan psikologi anak. Pendekatan Psikologi anak yang digunakan dalam penelitian ini guna merumuskan secara jelas tentang perkembangan kognitif, moral dan sosial anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama pendidikan anti korupsi untuk anak usia dini melalui metode mendongeng menanamkan 9 nilai pendidikan anti korupsi. Hasil prosentase nilai yang paling banyak diajarkan dalam buku dongeng Tunas Integrtias adalah nilai 1) kepedulian, 2) tanggung jawab, 3) kejujuran, 4) kedisiplinan, 5) kesederhanaan, 6) kemandirian, 7) keadilan, 8) kerja keras, 9) keberanian. Kedua, Pendidikan anti korupsi dalam perspektif psikologi menghasilkan kesimpulan (a) Perkembangan kognitif pada anak usia dini masuk pada tahap pra operasional, anak berpikir secara konkrit, (b) Perkembangan moral anak usia dini adalah moralitas heterenom, anak melihat perilaku benar atau salah secara otomatis tanpa proses penalaran, pada usia inilah pendidikan anti korupsi mulai diajarkan pada anak usia dini (c) Sikap moral anak lahir melalui proses sosial, anak belajar pola sikap kepedulian, simpati, empati, kerja sama pada usia ini melalui proses bermain. Kata kunci: Pendidikan Anti Korupsi, Psikologi Anak,

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Usman SS, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anti Korupsi, Psikologi Anak,
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2015 01:52
Last Modified: 20 Oct 2015 01:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17574

Actions (login required)

View Item View Item