STRATEGI MANAJEMEN SDM (PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN) DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA SEBAGAI PUSAT PERCONTOHAN PAUD UNGGULAN PROVINSI DIY

RIANTI, S.PD., NIM: 1320430003 (2015) STRATEGI MANAJEMEN SDM (PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN) DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA SEBAGAI PUSAT PERCONTOHAN PAUD UNGGULAN PROVINSI DIY. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MANAJEMEN SDM (PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN) DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA SEBAGAI PUSAT PERCONTOHAN PAUD UNGGULAN PROVINSI DIY)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MANAJEMEN SDM (PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN) DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA SEBAGAI PUSAT PERCONTOHAN PAUD UNGGULAN PROVINSI DIY)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen SDM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan manajemen sumber daya manusia (pendidik dan tenaga kependidikan) di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. (2) Bagaimana strategi manajemen sumber daya manusia (pendidik dan tenaga kependidikan) di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. (3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam manajemen sumber daya manusia (pendidik dan tenaga kependidikan) di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis, dengan mengambil latar di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (a) penerapan manajemen SDM (pendidik dan tenaga kependidikan) yang dilakukan di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta, meliputi perencanaan, rekrutmen, seleksi, orientasi dan penempatan, penilaian kinerja, pengembangan karir dan kompensasi. (b) strategi yang digunakan dalam manajemen SDM (pendidik dan tenaga kependidikan) yang ada di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta diantaranya melaksanakan supervisi, magang, budaya disiplin, dan menaati nilai-nilai yang ada di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta, kemudian kegiatan yang biasa dilakukan untuk mendukung strategi manajemen SDM diantaranya diskusi internal, kegiatan organisasi, pelatihan dan seminar. Semua itu dilakukan agar sumber daya manusia yang ada di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta semakin berkualitas. (c) faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen sumber daya manusia (pendidik dan tenaga kependidikan) di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta, diantaranya: pertama, faktor pendukung terdiri dari semangat para SDM, loyalitas para pendidik dan tenaga kependidikan, keleluasaan, sumber daya yang produktif, disiplin, dan mengikuti organisasi. Kedua, faktor penghambat yang meliputi banyaknya SDM yang produktif kemudian menikah, hamil dan akhirnya cuti, adanya SDM yang malas belajar, adanya SDM yang melanjutkan pendidikannya sehingga akan menyita jam kerja di lembaga, keterlibatan organisasi yang akan menyita waktu apabila tidak bisa memanage dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2015 01:51
Last Modified: 20 Oct 2015 01:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17575

Actions (login required)

View Item View Item