PENGEMBANGAN PERMAINAN SUMANDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI DI TK DARUSSALAM PLUS

EFI NURJANAH, NIM: 1320430006 (2015) PENGEMBANGAN PERMAINAN SUMANDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI DI TK DARUSSALAM PLUS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERMAINAN SUMANDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI DI TK DARUSSALAM PLUS)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERMAINAN SUMANDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI DI TK DARUSSALAM PLUS)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Anak yang cerdas adalah dambaan setiap orang tua, namun sering kali pemahaman kita tentang “cerdas” hanya berhenti pada tinggi rendahnya IQ sesesorang. Semua anak dapat dikatakan cerdas apabila ia dapat menunjukkan satu atau dua kemampuan yang menjadi keunggulannya, misalnya anak yang pandai bermain musik, pandai mengatur tutur katanya itu juga anak yang cerdas. Kecerdasan-kecerdasan tersebut adalah bagian dari Multiple Intelligences (Kecerdasan Jamak). Pembelajaran guna menstimulasi kecerdasan jamak khususnya pada anak usia dini hendaknya disusun menyenangkan, membuat anak tertarik, dan tidak terpaksa. Sebab, dunia anak adalah dunia gembira, senang, hangat, dan ceria. Untuk itu proses pembelajaran perlu dilakukan dengan metode bermain. Namun sayangnya dalam metode bermain permainan-permainan tradisional masih menjadi hal yang tabu digunakan, termasuk juga di TK Darussalam Plus. Karena itulah peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah permainan yang peneliti beri nama Sumandu. Permainan Sumandu adalah permainan yang memadukan antara konsep permainan sunda manda dan ular tangga. Tidak hanya memadukan peneliti juga menyisipkan materi-materi Pembelajaran bagi kecerdasan jamak anak usia dini. Pengembangan permainan Sumandu dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: (1) tahap perencanaan, yaitu meliputi mendefinisikan ruang lingkup materi, mengidentifikasikan karakteristik peserta didik, membuat dokumen perencanaan materi, mengumpulkan bahan, dan melakukan curah gagasan. (2) tahap desain meliputi analisis konsep atau ide, menerjemahkan hasil analisis konsep, dan mendeskripsikan desain awal permainan Sumandu. (3)tahap pengembangan meliputi menyiapkan gambar dan teks materi, menyiapkan dan mendesain permainan Sumandu, mencetak (printout) hasil desain permainan Sumandu, dan membuat komponen-komponen pendukung seperti kartu pintar, dadu, kartuku, dan buku panduan permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk permainan Sumandu secara umum baik dan layak digunakan. Hal tersebut dibuktikkan dengan respon, dan skor penilaian dari responden dan user (pengguna). Rata-rata user memberikan komentar dan respon yang positif seperti senang, ingin kembali bermain, dan menceritakan dengan ceria pengalaman bermainnya pada teman-temanya. Skor penilaian yang diperoleh pada tahap uji coba alpha tes mencapai rata-rata 4,76 dari ahli materi dan 4,06 dari ahli media. Jika mengacu pada konversi skor penilaian kedua skor tersebut masuk kategori sangat baik dan baik. Kemudian pada uji coba beta test diperoleh skor rata-rata 4,61 dan masuk kategori sangat baik. Selanjutnya pada tahap evaluasi akhir diperoleh skor rata-rata 4,55 yang juga masuk kategori sangat baik. Sehingga dengan perolehan skor dan respon pemain maka dapat peneliti simpulkan bahwa produk permainan Sumandu baik dan layak digunakan sebagai media Pembelajaran bagi kecerdasan jamak khususnya untuk anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN PERMAINAN SUMANDU
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2015 01:52
Last Modified: 20 Oct 2015 01:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item