PENGEMBANGAN CERITA FIKSI UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI

MAHFUDZ ALI, NIM: 1320431008 (2015) PENGEMBANGAN CERITA FIKSI UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN CERITA FIKSI UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN CERITA FIKSI UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendesain cerita fiksi yang bersumber dari materi pengetahuan umum yang layak digunakan sebagai metode pembelajaran untuk pendidikan karakter bagi anak usia dini. 2) mengetahui implikasi cerita fiksi yang bersumber dari materi pengetahuan umum yang layak digunakan sebagai metode pembelajaran untuk pendidikan karakter bagi anak usia dini. 3) mengetahui kelebihan dan kelemahan cerita fiksi yang bersumber dari materi pengetahuan umum yang layak digunakan sebagai metode pembelajaran untuk pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, desain, dan pengembangan. Validasi produk dilakukan dengan cara alpha test, beta test, dan evaluasi akhir. Untuk validator alpha test yaitu dua ahli materi, yakni ahli materi yang kompeten dalam cerita dan ahli materi yang kompeten dalam pendidikan karakter. Setelah alpha test dilaksanakan, kemudian produk direvisi dan dilakukan uji coba yang selanjutnya, yakni beta test. Dalam pelaksanaan beta test yang menjadi subyeknya adalah peserta didik di kelas B3 dengan jumlah 22 di TK ABA Giwangan, namun untuk mengisi kuesioner peneliti memilih 4 anak untuk dijadikan responden, meskipun dalam pengisiannya didampingi guru wali kelas. Semua subyek tersebut diminta untuk memberikan penilaian tentang kualitas produk cerita fiksi untuk pendidikan karakter bagi anak usia dini. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian adalah: 1) produk cerita fiksi adalah sebuah bentuk cerita yang dikembangankan dari materi pengetahuan umum yang dijadikan metode pembelajaran untuk pendidikan karakter bagi anak usia dini. 2) hasil evaluasi sumatif menunjukkan bahwa produk cerita fiksi layak atau baik digunakan sebagai metode pembelajaran materi pengetahuan umum untuk pendidikan karakter bagi anak usia dini. Hal ini didasarkan pada hasil skor penilaian yang mencapai rata-rata 4 yang berarti masuk katagori baik. 3) produk cerita fiksi mempunyai kelebihan sebagai metode pembelajaran materi pengetahuan umum yang asyik dan menyenangkan serta sesuai dengan 18 nilai-nilai karakter yang dikembangkan Puskur Kemendiknas. Sedangkan kelemahannya ialah tidak semua guru mampu menyampaikan materi ini dengan maksimal, karena di dalam cerita dibutuhkan teknik bercerita yang baik. Hasil penelitian ini akan dijadikan buku panduan untuk mengajarkan materi pengetahuan umum dengan metode cerita. Adapun judul buku yang peneliti tulis adalah “Membangun Karakter Anak Usia Dini melalui Cerita.” Kata kunci: Cerita fiksi, metode pembelajaran, pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Cerita fiksi, metode pembelajaran, pendidikan karakter.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 01:14
Last Modified: 21 Oct 2015 01:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17577

Actions (login required)

View Item View Item