PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI TK MASJID SYUHADA’ YOGYAKARTA

RITA SRIAYU, NIM: 1320431018 (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI TK MASJID SYUHADA’ YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI TK MASJID SYUHADA’ YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI TK MASJID SYUHADA’ YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh kurangnya nilai-nilai kepekaan terhadap perubahan dalam lingkungan, tolong menolong, dan kasih sayang serta mulai meredupnya implementasi nilai-nilai karakter dalam menjaga dan memelihara lingkungan. Berangkat dari masalah tersebut, sebagai langkah antisipasif yang perlu dilakukan agar kondisi ini tidak berlarut semakin parah adalah memperkenalkan pembelajaran sains pada anak usia dini. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak mengingat usia awal perkembangan anak merupakan tonggak awal keberhasilan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriprisikan secara umum pelaksanaan pembelajaran sains di TK Masjid Syuhada, menyajikan gambaran tentang kecerdasan naturalis pada anak usia dini, serta menguraikan efektivitas dari pelaksanaan pembelajaran sains untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, pengumpulan data di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Dari analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran sains pada anak suia dini di TK Masjid Syuhada dilakukan dengan metode bermain, metode cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode karyawisata, metode demonstrasi, metode proyek dan metode tanya jawab. Kedua, kecerdasan naturalis yang dapat terlihat dari pelaksanaan pembelajaran sains tersebut yaitu anak-anak dapat mengenal binatang dan tumbuhan di sekitar mereka, mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap sesama dan terhadap kelestarian alam, menyukai dalam bercocok tanam, senang dalam memelihara hewan peliharaan, senang dalam berdamawisata ke alam, senang ketika belajar tentang alam, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Ketiga, efektivitas dari pelaksanaan pembelajaran sains untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak yaitu pengembangan kurikulum TK Masjid Syuhada meliputi, pembelajaran intrakurikuler dan ektrakurikuler serta dasar pembelajaran yang meliputi dasar-dasar pendidikan di TK Masjid Syuhada, dan evaluasi/penilaian. Efektivitas pembelajaran sains dapat dilihat melalui penilaian hasil belajar anak dan ekspresi anak-anak, antusias/ semangat anak-anak dalam mengikuti setiap pembelajaran yang diberikan oleh guru, serta bahan-bahan yang mendukung pembelajaran tersebut dan guru yang kreatif dan inovatif. Kata kunci : Pembelajaran Sains, Anak Usia Dini, Kecerdasan Naturalis

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fathonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sains, Anak Usia Dini, Kecerdasan Naturalis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 01:14
Last Modified: 21 Oct 2015 01:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17580

Actions (login required)

View Item View Item