PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MUSIK DI TKIT ALHAMDULILLAH BANTUL YOGYAKARTA

JAMILAH, NIM: 1320431020 (2015) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MUSIK DI TKIT ALHAMDULILLAH BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MUSIK DI TKIT ALHAMDULILLAH BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MUSIK DI TKIT ALHAMDULILLAH BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya nilai-nilai kreativitas didalam pembelajaran musik, anak memerlukan pemahaman tentang unsur-unsur musik, diawali dengan pengajaran yang dinamakan teori musik dasar. Pengajaran teori musik dasar ini dapat memberikan pemahaman yang bermakna bagi seseorang jika ia telah mengalami serta menghayati. Fungsi unsur-unsur musik harus diberikan melalui pengalaman musik yaitu penghayatan suatu lagu melalui kegiatan mendengarkan, bernyanyi, bermain musik, bergerak mengikuti musik, membaca musik, sehingga peserta didik mendapat gambaran menyeluruh tentang ungkapan lagu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum tentang pengembangan kreativitas anak usia dini melalui musik, dan implikasi dari pengembangan kreativitas anak usia dini melalui musik di TKIT Alhamdulillah Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research. Teknik pengumpulan data bersumber dari observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi data. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran musik yang mempunyai karakter kreatif di intrakurikuler sudah dilaksanakan, seperti mengucapkan syair diiringi senandung lagunya, bergerak bebas sesuai irama musik, dan mengekspresikan gerakan bervariasi dengan lentur dan lincah. Sedangkan pengembangan kreativitas melalui ekstra menyanyi masih menggunakan metode klasikal dengan memberikan pengalaman musik yaitu penghayatan lagu melalui kegiatan mendengarkan, bernyanyi, menyesuaikan lagu dengan instrument musik, dan bergerak mengikuti musik. Pengembangan kreativitas melalui musik ekstra drumband secara umum sudah baik dengan strategi dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan anak, tanpa harus membaca partitur musik yang rumit. Implikasi dari pengembangan kreativitas melalui musik intra adalah sebagian besar anak berkembang sesuai harapan, dengan indikator anak dapat mengucapkan syair lagu diiringi senandung lagunya, bebas bergerak sesuai musik, mengekspresikan diri dengan gerakan bervariasi. Melalui musik ekstra menyanyi anak mengenal bermacam-macam lagu dengan melodi, irama, birama, harmoni, dan tempo yang beragam sehingga pengalaman musik yang kaya ini nantinya akan mendorong anak untuk menciptakan irama-irama dan melodi-melodi baru mulai dari tingkat yang paling sederhana dengan kreatif. Melalui musik ekstra drumband anak dapat mengaktualisasikan dan mengembangkan bakat, intuisi, insting, musikalitas, skill bermain musik secara individu dan team work atau secara bersama-sama. Kata kunci : Pengembangan Kreativitas, Anak Usia Dini, Musik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kreativitas, Anak Usia Dini, Musik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Oct 2015 07:38
Last Modified: 07 Oct 2015 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum