PERAN UKM PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DUSUN BUNGMANIS DESA PUCANGANOM KEC. RONGKOP KAB. GUNUNGKIDUL DIY TAHUN 2013-2015

JAKRA HADEPA RIYADI, NIM. 11250004 (2015) PERAN UKM PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DUSUN BUNGMANIS DESA PUCANGANOM KEC. RONGKOP KAB. GUNUNGKIDUL DIY TAHUN 2013-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN UKM PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DUSUN BUNGMANIS DESA PUCANGANOM KEC. RONGKOP KAB. GUNUNGKIDUL DIY TAHUN 2013-2015)
11250004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN UKM PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DUSUN BUNGMANIS DESA PUCANGANOM KEC. RONGKOP KAB. GUNUNGKIDUL DIY TAHUN 2013-2015)
11250004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

JAKRA HADEPA RIYADI. Peran UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dusun Bungmanis Desa Pucanganom Kec. Rongkop Kab. Gunungkidul DIY Tahun 2013-2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai organisasi yang memiliki kewajiban untuk ikut serta membangun masyarakat sesuai dengan yang diamanatkan dalam kode kehormatan Gerakan Pramuka, maka UKM Pramuka mewujudkan kewajiban tersebut melalui program bina masyarakat di dusun Bungmanis. Program ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat di bidang spiritual keagamaan, pendidikan non formal, dan ekonomi. Secara umum, ada tiga permasalahan utama yang dihadapi oleh masyarakat. Pertama, permasalahan dibidang keagamaan (mental spiritual masyarakat) yang masih rendah. Kedua, pengetahuan dan wawasan sebagain besar masyarakat yang masih rendah. Ketiga, Pendapatan sebagian masyarakat yang masih rendah, terutama pada masyarakat yang pekerjaan tetapnya sebagai petani. Ketiga permasalahan ini menjadi dasar bagi UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk melakukan pemberdayaan masyarakat di dusun Bungmanis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil latar dusun Bungmanis desa Pucanganom Kec. Rongkob Kab. Gunungkidul DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik pemeriksaan yang memanfaatkan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, peran UKM Pramuka dalam perberdayaan masyarakat dusun Bungmanis adalah sebagai pelopor yang mempelopori lahirnya kegiatan-kegiatan dari program pemberdayaan bidang spiritual keagamaan, pendidikan non formal, dan ekonomi. Sebagai motivator, dan sebagai edukator yang diwujudkan dalam beberapa bentuk kegiatan yang terstruktur. Kedua, dampak pemberdayaan pada bidang spiritual keagamaan adalah motivasi masyarakat untuk beribadah meningkat. Bidang pendidikan non formal, meningkatnya kesadaran dan pola pikir masyarakat tentang pentingnya pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Bidang ekonomi, 4 kepala keluarga melanjutkan kembali untuk memproduksi sendiri hasil alam mereka, seperti mengolah kripik singkong, kue dan kripik pisang. Selain itu pada bidang pertanian dapat meminimalisir pengeluaran, dan dapat membantu petani mengurangi pembelian pupuk kimia, serta dapat mempertahankan ketahanan pangan alternatif melalui kegiatan pelatihan natural farming.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gerakan Pramuka, bina masyarakat, pemberdayaan masyarakat
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 Oct 2015 02:30
Last Modified: 07 Oct 2015 02:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17617

Actions (login required)

View Item View Item