PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DISERTAI MEDIAPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TAHUN AJARAN 2014/2015

BACHTIAR ARI FAIZAL, NIM. 11670015 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DISERTAI MEDIAPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENGHAFAL MERUPAKAN SALAH SATU KOMPETENSI DASAR DARI ASPEK KOGNITIF PADA TAKSONOMI BLOOM. KETIKA PESERTA DIDIK HANYA BERLANDASKAN PADA ASPEK MENGHAFAL DALAM USAHANYA MEMAHAMI MATERI, MAKA AKAN KESULITAN KETIKA MENGHADAPI PERMASALAHAN YANG MEMBUTUHKAN KEMA)
11670015_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
11670015_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (540kB)

Abstract

Menghafal merupakan salah satu kompetensi dasar dari aspek kognitif pada taksonomi Bloom. Ketika peserta didik hanya berlandaskan pada aspek menghafal dalam usahanya memahami materi, maka akan kesulitan ketika menghadapi permasalahan yang membutuhkan kemampuan analisis di dalamnya. Perlu adanya usaha untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) disertai media puzzle terhadap kemampuan analisis peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain postest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling.Sampel yang didapatkan adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen soal postest berbentuk uraian yang sudah melalui proses validasi isi, konstruk dan empiris. Analisis data untuk mengetahui pengaruhnya menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI disertai media puzzle terhadap kemampuan analisis peserta didik. Hasil uji T dengan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,044> 0,05 menunjukkan bahwa H0 pada penelitian ini ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI disertai media puzzle terhadap kemampuan analisis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: quasi eksperimen, model pembelajaran kooperatif, team assisted individualization, media puzzle, kemampuan analisis
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 Oct 2015 02:47
Last Modified: 07 Oct 2015 02:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17620

Actions (login required)

View Item View Item