MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) (Multistudi di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan, PAUD Terpadu An-Nuur Sleman dan TB TK Ceria Demangan)

BUSTANUL YULIANI, S.PD.I, NIM: 1320410093 (2015) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) (Multistudi di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan, PAUD Terpadu An-Nuur Sleman dan TB TK Ceria Demangan). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) (Multistudi di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan, PAUD Terpadu An-Nuur Sleman dan TB TK Ceria Demangan))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) (Multistudi di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan, PAUD Terpadu An-Nuur Sleman dan TB TK Ceria Demangan))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Anak merupakan aset negara yang nantinya akan menjadi penerus bangsa di masa yang akan datang, sehingga pembentukan karakter yang terpenting adalah pada masa pendidikan anak usia dini. Berawal dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang manajemen pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan dalam rangka mencari jawaban permasalahan tentang bagaimana manajemen pendidikan karakter, nilainilai karakter apa saja yang diterapkan, faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen pendidikan karakter dan bagaimana dampak manajemen pendidikan karakter pada anak usia dini di PAUD Terpadu „Aisyiyah Nur‟aini Ngampilan, PAUD Terpadu An-Nuur Sleman dan TB TK Ceria Demangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan obyek penelitian di PAUD Terpadu „Aisyiyah Nur‟aini Ngampilan, PAUD Terpadu An- Nuur Sleman dan TB TK Ceria Demangan. Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang berupaya memberikan gambaran-gambaran tentang latar belakang, sifat dan karakter yang khas dari kasus yang ada di lapangan, untuk mengeksplorasi data dilakukan dengan cara hubungan yang intensif dengan sumber data. Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan dokumen-dokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini (PAUD) di 3 sekolahan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pembinaan. Nilai-nilai karakter yang diterapkan pada PAUD di PAUD Terpadu „Aisyiyah Nur‟aini Ngampilan ada 15 nilai karakter, PAUD Terpadu An-Nuur Sleman ada 9 pilar karakter dan TB TK Ceria Demangan 17 nilai karakter, pada dasarnya nilai-nilai karakter yang sudah diterapkan di ketiga sekolahan tersebut sudah mengacu pada nilai-nilai karakter yang diterapkan pada anak usia dini. Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan karakter pada PAUD di 3 sekolah dapat dilihat dari analisis SWOT dan ditemukan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan internal (kekuatan dan kelemahan). Karena dengan analisis SWOT dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada manajemen pendidikan karakter untuk memanfaatkan peluang dan menghindari ancaman. Dampak manajemen pendidikan karakter pada PAUD di 3 sekolahan tersebut yang dapat terlihat di masa yang akan datang, namun ada beberapa nilai karakter yang sudah memberikan dampaknya pada perubahan perilaku yang positif dan berbahasa yang santun dan juga pola berfikir yang berubah menjadi lebih baik, sehingga anak mudah diarahkan ketika di sekolah dan di rumah. Kata kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maragustam, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2015 11:15
Last Modified: 22 Oct 2015 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17623

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum