PARTISIPASI SANTRI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN BI'AH LUGOWIYYAH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA (Pendekatan Psikologis)

DWI LUTFIYANA, NIM : 1320410125 (2015) PARTISIPASI SANTRI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN BI'AH LUGOWIYYAH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA (Pendekatan Psikologis). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI SANTRI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN BI'AH LUGOWIYYAH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA (Pendekatan Psikologis))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI SANTRI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN BI'AH LUGOWIYYAH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA (Pendekatan Psikologis))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kesungguhan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta dalam mengaplikasikan sistem pengajaran dari Pondok Modern Gontor Ponorogo yang berbasis KMI (Kulliyatul Mu’allimi<n Al-Isla>miyyah) telah mengantarkan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta menjadi Pondok Modern yang mampu membekali peserta didik dengan ilmu keagamaan dan bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bi’ah lugowiyyah yang berlangsung di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta, 2) untuk mengetahui sejauh mana partisipasi santri dalam mengikuti kegiatan bi’ah lugowiyyah di Ponpes Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta dan 3) untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan untuk meningkatkan dan memperbaiki partisipasi santri dalam megikuti kegiatan bi’ah lugowiyyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah santri Ponpes Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta yang secara langsung terlibat dalam kegiatan bi’ah lugowiyyah. Sedangkan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah: Pertama, menjadikan kegiatan bi’ah lugowiyyah sebagai program yang sesuai dalam pemerolehan bahasa kedua, melalui kegiatan penunjang bi’ah lugowiyyah seperti ilqa’ mufrada>t, muh}a>das|ah, debat (muja>dalah) dan muh}a>d}arah akan menjadikan kegiatan berbahasa menjadi lebih bermakna karena keempat kegiatan tersebut saling terikat satu sama lain dalam pemerolehan bahasa kedua. Kedua, partisipasi aktif santri dalam mengikuti kegiatan bi’ah lugowiyyah sangat terlihat ketika santri mulai menunjukkan wujud partisipasi timbal balik dalam mengikuti kegiatan, seperti bertanya ketika mendapati kesulitan, ini sering terjadi dalam konteks kegiatan ilqa’ mufrada>t dan muh}a>das|ah. Kemudian bentuk partisipasi timbal balik yang berupa respon aktif siswa terlihat ketika menyampaikan intisari dalam muh}a>d}arah dan mempertahankan argumen pada saat kegiatan debat (muja>dalah) berlangsung. Ketiga, santri akan lebih termotivasi dan lebih berperan aktif dalam keikutsertaannya dalam kegiatan bi’ah lugowiyyah ketika guru atau musyrif selaku pembimbing mampu mengaplikasikan strategi yang inovatif. Santri akan terstimulus dengan strategi-strategi baru yang diterapkan dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran bahasa asing. Keyword : Partisipasi, Motivasi dan Bi’ah Lugowiyyah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro M.Si
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Motivasi dan Bi’ah Lugowiyyah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2015 11:14
Last Modified: 22 Oct 2015 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum