NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

MUHAMMAD IRSAD, S.PD.I, NIM: 1320410205 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari perhatian penuilis terhadap beberapa lembaga pendidikan Islam (yang dalam asumsi penulis) masih banyak hal yang harus dikoreksi; diperbaiki dan dikembangkan. Dari sinilah penulis tertarik mengangkat tokoh Sunan Kalijaga yang dapat dikatakan sukses dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada masyarakat Jawa pada waktu itu, untuk di gali, dipelajari dan dianalisa pemikirannya sehingga memunculkan nilai-nilai pemikiran pendidikan Islam dan menjadikan ide pemikiirannya sebagai tawaran wacana dalam koreksi; perbaikan dan pengembangan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menjadikan beberapa karya dan rekam jejek Sunan Kalijaga sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis-filosofis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pemikiran Sunan Kaliaga, serta mengetahui kontribusinya dalam pengembangan pendidikan Islam. Penulis juga menggunakan beberapa teori sebagai frame dalam menganalisa data, yakni teori nilai, dan teori pendidikan Islam berikut unsur-unsurnya. Setelah melakukan pengkajian, pengamatan, penelitian dan analisa terhadap beebrapa karya Sunan Kalijaga, hasil penelitian ini adalah: (1) dalam tembang Lir-ilir karya Sunan Kalijaga terdapat nilai-nilai pendidikan Islam; tujuan pendikan Islam; membimbing manusia menjadi berakhlak mulia dan memiliki perimbangan antara urusan keduniaan dan keakhiratan (ubudiyah), konsep pendidik dalam pendikan Islam; yang memiliki lima kompetensi; kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepemimpinan (leadreship), materi pendikan Islam meliputi: materi religius dan materi akhlak, dan metode pendikan Islam yakni: metode keteladanan dan metode perumpamaan. (2) dalam karya seni lukis batik Sunan Kalijaga terdapat materi pendidikan akhlak. (3) rekam jejak Sunan Kalijaga yang mengandung unsur pembebasan dalam pendidikan dengan memberikan kebebasan kepada puteranya untuk menentukan apa yang akan ia pelajari, dimana ia belajar dan dengan siapa ia belajar tanpa melakukan intervensi dalam bentuk aapun. (4) rekam jejak Sunan Kalijaga mengandung pendidikan karakter; religius, bekerja keras dan kretif. Selain itu, di dalam penelitian ini juga menemukan ide atau gagasan untuk berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan Islam. (1) pendidikan Islam yang berorientasi pada proses, bukan pada hasil akhir. (2) penekanan materi praktik dalam pelaksanaan proses pendidikan Islam. (3) mengedepankan nilainilai akhlak, dan tata karama dalam lingkungan pendidikan sebagai salah satu usaha dalam memaksimalkan pencapaian tujuan pendidikan Islam. (4) pendidikan Islam yang inklusif dan merata (education for all), yakni pendidikan yang menyeluruh dan tidak diskriminatif. (5) memadukan khazanah intelektual klasik dan modern dalam perencanaan, teori, dan praktik penyelenggaraan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maharsi, M.Hum
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2015 11:14
Last Modified: 22 Oct 2015 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum