MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YOGYAKARTA (STAIYO) (Analisis Proses Rekrutmen dan Pengembangan Profesionalitas Dosen dan Tenaga Kependidikan)

IKA NUR SYAFIYANA, S.PD.I, NIM: 1320411004 (2015) MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YOGYAKARTA (STAIYO) (Analisis Proses Rekrutmen dan Pengembangan Profesionalitas Dosen dan Tenaga Kependidikan). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YOGYAKARTA (STAIYO) (Analisis Proses Rekrutmen dan Pengembangan Profesionalitas Dosen dan Tenaga Kependidikan))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YOGYAKARTA (STAIYO) (Analisis Proses Rekrutmen dan Pengembangan Profesionalitas Dosen dan Tenaga Kependidikan))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya sumber daya dosen dan tenaga kependidikan yang ada di Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta untuk mencapai sebuah tujuan dari lembaga tersebut. Dosen merupakan salah satu kunci dari keberhasilan pembelajaran sedangkan Tenaga Kependidikanlah yang nantinya akan membantu Dosen dalam memberikan pelayanan demi keberlangsungan pembelajaran yang efektif. Untuk menghasilkan Dosen dan tenaga Kependidikan yang Profesional tidaklah mudah oleh sebab itu setiap lembaga pendidikan memerlukan proses rekrutmen dan seleksi yang benar-benar berkualitas. Dan jika sudah diperoleh Dosen dan Tenaga Kependidikan yang berkualitas maka lembaga pendidikan tersebut jugan harus tetap dapat mempertahankan kualitas dari SDM yang dimiliki melalui program pengembangannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Ada 3 tahapan metode yang digunakan peneliti, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini dengan mencatat data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi, mengelompokkan data kemudian memiliah-milahnya untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan, 1) proses rekrutmen dosen dan tenaga kependidikan di STAIYO dilakukan melalui langkah-langkah berikut: a) menganalisa kebutuhan dosen dan tenaga kependidikan, b) menentukan kriteriakriteria yang diharapkan, c) mengumumkan formasi lowongan dan syarat yang harus dipenuhi, d) melakukan seleksi administrasi yang dilanjutkan tes wawancara bagi yang lolos seleksi administrasi, e) menentukan hasil seleksi (dilakukan oleh ketua dan dosen senior), dan f) mengumumkan hasil seleksi melalui surat. 2) Upaya Pengembangan Profesionalitas Dosen dan Tenaga Kependidikan di STAIYO ditempuh dengan cara-cara sebagai berikut: a) setiap dosen diwajibkan membuat jurnal/karya ilmiah/handout/diktat, b) mengadakan program stadium general disetiap awal semester yang sekaligus sebagai pembukaan kuliah, c) mengadakan workshop dosen dan tenaga kependidikan, d) mengikutsertakan dosen dan tenaga kependidikan dalam diklat-diklat kependidikan yang diadakan oleh lembaga eksternal, e) memberikan kesempatan dan dukungan bagi para dosen dan tenaga kependidikan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi baik dengan biaya mandiri maupun beasiswa. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi upaya pengembangan profesionalitas dosen dan tenaga kependidikan terdiri dari dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya sendiri terdiri dari: a) adanya kesamaan dan kejelasan visi dan misi, b) adanya pemimpin yang bijaksana, c) adanya hubungan kerja dengan lembaga-lembaga lain, d) adanya dukungan dari masyarakat luas, e) adanya kebijakan yang bersifat desentralisasi pendidikan, f) tersedianya jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang cukup ideal. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: a) Minimnya dana, b) Masih adanya dosen dan tenaga kependidikan yang belum sepenuhnya mau mengembangkan diri dan kompetensi yang dimiliki, c) Sebagian dosen dan tenaga kependidikan yang dimiliki kurang produktif. Kata kunci: Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Rekrutmen, dan Pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, MA,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Rekrutmen, dan Pengembangan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2015 11:14
Last Modified: 22 Oct 2015 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum