STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM (STUDI KASUS PADA IBU KARIR DI PERUMAHAN AVIA CERIA KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)

NURUL LATHIFAH, NIM. 1320411011 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM (STUDI KASUS PADA IBU KARIR DI PERUMAHAN AVIA CERIA KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM (STUDI KASUS PADA IBU KARIR DI PERUMAHAN AVIA CERIA KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM (STUDI KASUS PADA IBU KARIR DI PERUMAHAN AVIA CERIA KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurul Lathifah (NIM: 1320411011) Strategi Pembelajaran Agama Islam pada Anak dalam Keluarga Muslim (Studi Kasus pada Sosok Ibu Karir di Perumahan Avia Ceria Kalasan Sleman Yogyakarta) Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Perumahan Avia Ceria mayoritas beragama Islam, akan tetapi dalam perumahan tersebut hanya terdapat 6 (enam) keluarga muslim yang terdapat ibu karir. Para ibu karir tersebut antara lain berprofesi sebagai PNS, dosen, guru, karyawan dan sebagainya. Karir itu membuat mereka sibuk dengan pekerjaannya sehingga sedikit sekali waktu yang dapat diluangkan untuk memperhatikan pendidikan anak-anaknya khususnya pembelajaran agama Islam. Karena kesibukan ibu karir akan berpengaruh terhadap minimnya waktu (quality time) untuk bertemu dengan anggota keluarga terlebih dalam proses pendidikan anak karena intensitas dirumah dan waktu bertemu dengan anak-anak sangat terbatas. Akan tetapi, melihat kesibukan para ibu karir tersebut mereka tidak melupakan tugas pokoknya untuk memberi perhatian untuk melaksanakan pembelajaran agama pada anak-anaknya secara optimal. Adapun dalam penulisan tesis ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode, yaitu; 1. Metode observasi, 2. Metode wawancara 3. Metode dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian yang penulis peroleh, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa terdapat tiga jenis strategi pembelajaran agama Islam pada anak dalam oleh ibu karir, yaitu: pembiasaan, keteladanan, dan nasehat. Adapun materi dalam pembelajaran agama Islam adalah akidah, akhlak, dan syariah. Pencapaian dalam strategi pembelajaran ditentukan oleh motivasi anak, selain itu orangtua juga merupakan pembangkit kekuatan dan kesediaan spiritual yang bersifat naluri yang ada pada anak. Pencapaian dalam strategi pembelajaran agama Islam pada anak oleh ibu karir belum sepenuhnya mencapai keberhasilan sampai 100%, akan tetapi sudah mendekati titik pencapaian yang sangat baik. Faktor pendukung tercapainya strategi pembelajaran agama Islam adalah terdiri dari faktor ketulusan dan semangat ibu, kekompakan suami dan isteri, dan motivasi anak. Sedangkan faktor penghambat strategi pembelajaran agama Islam adalah terbatasnya waktu yang dimiliki ibu, kondisi anak, dan kemampuan ibu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Oct 2015 15:07
Last Modified: 07 Oct 2015 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum