ASPEK-ASPEK PSIKOLOGIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA PROGRAM AKSELERASI MAN II PONOROGO

SAIFUL HERMAWAN, NIM. 1320411027 (2015) ASPEK-ASPEK PSIKOLOGIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA PROGRAM AKSELERASI MAN II PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASPEK-ASPEK PSIKOLOGIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA PROGRAM AKSELERASI MAN II PONOROGO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ASPEK-ASPEK PSIKOLOGIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA PROGRAM AKSELERASI MAN II PONOROGO)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Para guru harus memahami bukan sekedar memperhatikan strategi dalam mengajarnya terutama pada kondisi psikologis atau tingkah laku anak-anak akselerasi karena kondisi psikologis anak didik yang baik akan mempermudah anak didik menerima ilmu baru dan dengan mudah memahaminya apalagi mereka tergolong anak-anak pilihan. Didapati peneliti, anak program akselerasi bisa berkomunikasi dengan bahasa Arab tetapi tidak paham dengan apa yang diucapkan. Maka pada kelas ini guru bahasa Arab berupaya untuk melakukan beberapa aspek dalam memahami kondisi anak akselerasi, yaitu aspek motivasi, konsentrasi, reaksi, organisasi, pemahaman dan ulangan tetapi beliau belum mengetahui sejauh mana aspek-aspek yang telah diterapkannya. Dengan ini peneliti bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek psikologis dalam pembelajaran bahasa Arab siswa program akselerasi MAN II Ponorogo dalam rangka meningkatkan prestasi belajar dengan melibatkan seluruh siswa akselerasi MAN II Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pemerolehan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif dengan langkahlangkah; pengumpulan data, data reduction, data display, dan data verification. Sehubungan dengan fakta data di lapangan bahwa adanya upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab yang dipengaruhi oleh aspek-aspek psikologis antara lain motivasi, konsentrasi, reaksi, organisasi, pemahaman dan ulangan. Dari seluruh aspek tersebut akan memacu siswa untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Arab khususnya dan juga pada pelajaran yang lain pada umumnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di MAN II Ponorogo terdiri dari empat tingkatan kelas yaitu: kelas X, XI, XII, dan Akselerasi. Kegiatan pembelajaran dimulai pada pukul 06.45 dan berakhir 14.15 WIB, kecuali hari jumat. Pada hari jumat berakhir pukul 11.30 WIB dan menggunakan kurikulum differensiasi yaitu materi ditentukan dengan materi kurikulum yang sesuai dengan kondisi siswa, untuk itu diperlukan adanya strategi khusus dalam memodifikasi kurikulum pada kelas akselerasi dengan cara menyusun kembali kurikulum atau memadatkan isi terkait dengan konsep dan keterampilan berfikir tingkat tinggi. (2) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek motivasi, konsentrasi, reaksi, organisasi, pemahaman dan ulangan dalam pembelajaran kelas program akselerasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penerimaan diperguruan tinggi dari 16 siswa 12 siswa diterima diperguruan tinggi negeri atau sekitar (75 %) dan 4 siswa diterima di perguruan tinggi swasta atau sekitar (25 %). Pada tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Aspek Psikologis, Pembelajaran Bahasa, Prestasi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Oct 2015 15:17
Last Modified: 07 Oct 2015 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum