COMMUNITY BASED EDUCATION DALAM ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA KOMISARIAT AL-AQSHA IAIN SURAKARTA

PURNOMO, NIM. 1320411028 (2015) COMMUNITY BASED EDUCATION DALAM ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA KOMISARIAT AL-AQSHA IAIN SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (COMMUNITY BASED EDUCATION DALAM ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA KOMISARIAT AL-AQSHA IAIN SURAKARTA)
1320411028_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (COMMUNITY BASED EDUCATION DALAM ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA KOMISARIAT AL-AQSHA IAIN SURAKARTA)
1320411028_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Demokrasi dalam bidang pendidikan merupakan suatu keharusan untuk melahirkan manusia yang berwatak demokratis. Demokrasi pendidikan dapat diwujudkan di antaranya melalui penerapan konsep Community Based Education (CBE). KAMMI adalah perwujudan dari CBE yang berdasar pada paradigma fungsionalisme dengan tipologi moderat-kritis. Atas dasar tersebut maka peneliti bertujuan untuk meneliti lebih dalam tentang konsep, praktik serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan CBE di KAMMI Al-Aqsha. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di KAMMI Al-Aqsha IAIN Surakarta, pada bulan Oktober 2014 s/d Maret 2015. Subyek penelitian ini adalah seluruh pengurus KAMMI Al-Aqsha periode 2014/2015. Informan penelitian ini adalah ketua umum, sekretaris jendral, ketua KAMMI bidang dan murabbi’. Pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu: (a) in-dept interview; (b) participation observation dan (c) study of documents. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep CBE KAMMI Al-Aqsha adalah usaha organisasi yang dilaksanakan secara sadar dan sistematis, selaras dengan Manhaj Kaderisasi KAMMI, Alquran, Hadis dan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat dengan merujuk pola Jamaah Tarbiyah. (2) Praktik CBE mengikuti alur manhaj kaderisasi yaitu melalui runtutan daurah marhalah, madrasah KAMMI, manhaj tugas baca dan silaturahmi tokoh, daurah, mukhayam dan pengkaryaan kader. (3) Faktor pendukung CBE KAMMI adalah militansi kader, pedoman berupa manhaj kaderisasi dan jaringan yang luas. Faktor penghambatnya adalah sulitnya penjagaan kader, manajemen waktu, minimnya dana, minimnya murabbi dan keterbatasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Community Based Education, KAMMI Al-Aqsha
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Oct 2015 15:22
Last Modified: 07 Oct 2015 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum