KONSEP MANAJEMEN BISNIS ISLAM (STUDI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN BISNIS DALAM AL-QURAN)

DRS FUAD MAS’UD, MIR, NIM. 083690 (2015) KONSEP MANAJEMEN BISNIS ISLAM (STUDI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN BISNIS DALAM AL-QURAN). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MANAJEMEN BISNIS ISLAM (STUDI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN BISNIS DALAM AL-QURAN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MANAJEMEN BISNIS ISLAM (STUDI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN BISNIS DALAM AL-QURAN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Disertasi ini mengkaji konsep manajemen bisnis dari perspektif Islam. Islam merupakan pandangan hidup (worldview) yang bersumber pada al-Quran dan al-Hadis. Pandangan hidup adalah sejumlah nilai, keyakinan dan asumsi yang menentukan apakah suatu obyek, pengalaman, perilaku tertentu dianggap baik atau buruk, dan apakah tujuan, perilaku dan hubungan tertentu diinginkan atau tidak diinginkan. Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam memuat berbagai aturan dan petunjuk, meskipun tidak secara rinci, berkaitan dengan aspek ibadah dan muamalah seperti kegiatan ekonomi bisnis atau perniagaan. Manajemen bisnis dapat dipahami dari berbagai sudut pandang. Dalam disertasi ini manajemen bisnis dikaji dari sudut pandang ilmu (sains), yakni manajemen bisnis sebagai ilmu. Sains manajemen bisnis merupakan sains sosial yang berkembang sejak awal abad XX di Amerika Serikat yang berlandaskan pada pandangan hidup yang bertumpu pada rasionalisme, materialisme, individualisme dan sekulerisme. Sains manajemen bisnis konvensional dikembangkan berdasarkan pandangan hidup saintifik (scientific worldview), metodologi saintifik, serta metode saintifik (scientific method), sehingga sains manajemen bisnis dipisahkan dari etika dan agama. Pengkajian dan pemahaman manajemen bisnis Islam dengan menggunakan paradigma manajemen bisnis konvensional yang berkembang lebih dulu menimbulkan masalah ketidaksepadanan (incommensurability) dalam aspek semantik, metodologi dan epistemologi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan penelaahan sumber primer yakni al-Quran, dan sumber primer serta sumber sekunder yang berkaitan dengan konsep dan teori manajemen bisnis. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik (maudhu’i), analisis isi kualitatif, analisis reflektif dan analisis komparatif. Metode analisis tematik (maudhu’i) digunakan untuk mengkaji beberapa tafsir karya ulama klasik seperti tafsir at-Thabari, al-Qurthubi, Ibnu Katsir, dan ulama modern seperti Tafsir al-Maraghi, Tafsir fi Zhilalil al-Quran, Tafsir al-Azhar dan Tafsir al-Misbah. Analisis isi kualitatif digunakan untuk mengungkap pesan-pesan al-Quran berkaitan dengan konsep-konsep yang dikaji. Metode analisis komparatif digunakan dalam mengkaji konsep manajemen bisnis konvensional, etika bisnis, konsep hakekat manusia dan motivasi dalam manajemen bisnis dibandingkan dengan konsep manajemen bisnis, etika dan konsep manusia dari perspektif Islam. Metode analisis reflektif digunakan untuk mengungkap pandangan hidup, nilai dan keyakinan yang ada dibalik suatu konsep dan istilah yang berkaitan dengan obyek penelitian ini yaitu konsep ilmu, sains, manajemen bisnis, etika dan motivasi manusia. xii Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa istilah dan konsep dalam ilmu manajemen bisnis tidak kosong dari keyakinan dan nilai yang mendasarinya. Oleh karena itu, istilah dan konsep yang ada dan telah dianggap baku seperti manajemen, bisnis, etika bisnis, hakekat manusia dan motivasi manusia perlu dikaji ulang dan didefinisikan kembali agar sesuai dengan pandangan hidup Islam. Al-Quran memberikan petunjuk yang dapat digunakan sebagai dasar membangun ilmu manajemen bisnis Islam. Paling tidak ada sembilann prinsip manajemen bisnis Islam yang digali dari al-Quran yaitu tauhid, ibadah, amanah dan tanggung jawab, hikmah, adil, ihsan, tolong-menolong, halaalan thayyiban, dan musyawarah. Di samping itu, ada berbedaan antara konsep etika bisnis konvensional dan etika bisnis Islam, serta adanya perbedaan antara konsep hakekat manusia dan motivasi manusia dalam manajemen bisnis konvensional dengan konsep hakekat manusia serta motivasi manusia berdasarkan pandangan hidup Islam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Prof. Dr. Syamsul Anwar, MA. dan Prof. Imam Ghozali, M.Com. Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pandangan hidup Islam, manajemen Islam, bisnis Islam, prinsip manajemen bisnis Islam, etika bisnis Islam
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Oct 2015 09:49
Last Modified: 08 Oct 2015 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17651

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum