PENYUSUNAN KAMUS BAHASA ARAB DENGAN PROGRAM VISUAL BASIC PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SEMARANG

Mokhamad Taufik, S.Ag, NIM : 1320411037 (2015) PENYUSUNAN KAMUS BAHASA ARAB DENGAN PROGRAM VISUAL BASIC PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SEMARANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYUSUNAN KAMUS BAHASA ARAB DENGAN PROGRAM VISUAL BASIC PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SEMARANG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENYUSUNAN KAMUS BAHASA ARAB DENGAN PROGRAM VISUAL BASIC PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SEMARANG)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mokhamad Taufik, S.Ag: Penyusunan Kamus Bahasa Arab Dengan Program Visual Basic Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015 Penelitian ini berawal dari para siswa-siswi MAN 1 Semarang belajar bahasa Arab dengan menggunakan kamus bahasa Arab yang berbentuk buku, sehingga perlu diadakan pengadaan kamus yang berbentuk non buku/ elektronik. Bahasa Arab sebagai salah satu pelajaran yang memerlukan kosakata-kosakata asing sangat memerlukan sebuah media pembelajaran berupa kamus bahasa Arab yang sesuai, tepat dan menyenangkan serta dapat memaksimalkan otak kanan dan otak kiri, sehingga pembelajaran bahasa Arab dapat tercapai tujuan dan menyenangkan para siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu teknologi dan pengajaran.Dengan menggunakan pendekatan ini penulis menyajikan data-data sesuai dengan kaidah keilmuan teknologi dan pengajaran. Penulis menggunakan metode penelitian penelitian dan pengembangan (Research and Development / R & D) yaitu metode yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji kadar efektifitasnya. Prosedur dan tahapan penelitian dan pengembangan dengan cara fokus mencari potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan pembuatan produk massal. Microsoft Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang berbasis microsoft windows, sebagai bahasa pemrograman yang mutakhir, Microsoft Visual Basic 6.0 didesain untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam Microsoft windows. Microsoft Visual Basic 6.0 juga merupakan bahasa pemrograman Object Oriented Programing (OOP), yaitu pemrograman yang berorientasi objek. Visual Basic merupakan salah satu software untuk membuat program yang cukup sederhana tetapi banyak cakupan yang dapat dikerjakan, karena visual basic dapat mengakses banyak software seperti Excel, Access dan sebagainya. Visual basic lebih sederhana dari pemrograman yang lain. Kesederhanaan visual basic terletak pada kemudahan membuat bahasa pemrograman dan bentuk tampilan yang dikehendaki. Visual Basic ini merupakan pengembangan bahasa basic yang diterapkan pada program yang berbasis Windows. Hasil dari penelitian ini diujicobakan kepada 100 siswa MAN 1 Semarang dengan hasil jumlah rata-rata penilaian 83, 33 % dalam taraf baik dan Setelah diadakan praktik pengajaran kepada para siswa dengan menggunakan aplikasi kamus Bahasa Arab digital yang diajukan oleh peneliti maka didapatkan T hitung adalah -7,172 sedang T tabel dengan df 99 adalah 1,984. Sehingga T hitung> T tabel yang berarti signifikan.Sehingga kesimpulannya adalah Ho di tolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa penggunaan Aplikasi Kamus Bahasa Arab Digital dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Arab siswa Madrasah AliyahNegeri 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sehingga kesimpulannya adalah Ho di tolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa penggunaan Aplikasi Kamus Bahasa Arab Digital dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Arab siswa Madrasah AliyahNegeri 1 Semarang.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 15:33
Last Modified: 13 Oct 2015 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17659

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum