PENGAJARAN QAWA’ID MATERI STRUKTUR KALIMAT KETERANGAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS KONTRASTIF (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Program Studi Intensif Bahasa Arab (SIBA) STAIN Salatiga Tahun Akademik 2014/2015)

Slamet Darmono, 1320411073. (2015) PENGAJARAN QAWA’ID MATERI STRUKTUR KALIMAT KETERANGAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS KONTRASTIF (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Program Studi Intensif Bahasa Arab (SIBA) STAIN Salatiga Tahun Akademik 2014/2015). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN QAWA’ID MATERI STRUKTUR KALIMAT KETERANGAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS KONTRASTIF (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Program Studi Intensif Bahasa Arab (SIBA) STAIN Salatiga Tahun Akademik 2014/2015))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN QAWA’ID MATERI STRUKTUR KALIMAT KETERANGAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS KONTRASTIF (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Program Studi Intensif Bahasa Arab (SIBA) STAIN Salatiga Tahun Akademik 2014/2015))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya pembelajaran qawa’id yang dilaksanakan secara konvensional. Dalam tesis ini penulis mencoba memadukan teori dan praktek bisa berjalan secara berkesinambungan yaitu dengan langkah awal merumuskan teori tentang analisis kontrastif materi struktur kalimat keterangan Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, setelah diperoleh hasil dengan ditemukannya persamaan dan perbedaan unsur kedua bahasa tersebut kemudian diimplementasikan dalam pengajaran secara langsung di kelas SIBA STAIN Salatiga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian true-eksperimental dengan pola Posttest- Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas Studi Intensif Bahasa Arab (SIBA). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purpossive random sampling, dengan kelas B4 sebagai kelompok Eksperimen dan kelas A9 sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang diambil dari hasil post test yang dianalisis dengan metode statistik menggunakan uji-t. Hasil Penelitian Penerapan Pendekatan Analisis Kontrastif di kelompok Esperimen sangat membantu siswa dalam pembelajaran materi struktur kalimat keterangan Bahasa Arab. Karena dengan adanya penerapan pendekatan analisis kontrastif ini, siswa dapat lebih aktif mempelajari materi struktur kalimat keterangan dalam pembelajaran qawa’id. Di antara salah satu metode pendekatan analisis kontrastif adalah metode tahwili yang masih sangat jarang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penggunaan metode tahwili adalah bagian dari teori pembelajaran yang bisa diterapkan untuk meningkatakan pemahaman materi qawa’id Berkaitan dengan hasil kuantitatif pembelajaran materi struktru kalimat keterangan Bahasa Arab mahasiswa SIBA STAIN Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015 yaitu berdasarkan hasil analisa data terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelompok Esksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini sesuai dengan perhitungan program SPSS 17.0 for Window yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test maupun perhitungan manual. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,000 < 0,025 atau t table = 2,00 < t hitung = 6,896, sedangkan hasil perhitungan dengan rumus atau secara manual menunjukkan bahwa ttabel (5% = 1,99) < thitung (6,680) Ini berarti nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel baik pada taraf 5%, maka hipotesis (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tulus Musthofa, Lc.,M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Analisis Kontrastif, Struktur Kalimat Keterangan, Studi Intensif Bahasa Arab (SIBA)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2015 08:07
Last Modified: 30 Oct 2015 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum