ANALISIS KESESUAIAN ANTARA MATERI DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 (Studi Analisis pada Buku Teks Bahasa Arab Kelas VII Terbitan Kemenag)

Rina Asih Handayani, NIM: 1320411105 (2015) ANALISIS KESESUAIAN ANTARA MATERI DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 (Studi Analisis pada Buku Teks Bahasa Arab Kelas VII Terbitan Kemenag). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESESUAIAN ANTARA MATERI DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 (Studi Analisis pada Buku Teks Bahasa Arab Kelas VII Terbitan Kemenag))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESESUAIAN ANTARA MATERI DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 (Studi Analisis pada Buku Teks Bahasa Arab Kelas VII Terbitan Kemenag))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menekankan pada pendidikan karakter, terutama pada tingkat dasar, yang akan menjadi fondasi bagi tingkat berikutnya. Diantara kunci sukses yang menentukan keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 adalah adanya fasilitas dan sumber belajar yang berkualitas yaitu sumber belajar harus memuat materi yang dapat mendukung tercapainya Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sebagai amanat utama kurikulum 2013. Adanya beberapa buku teks pelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum 2013 yang ditawarkan, menuntut guru maupun lembaga pendidikan terkait untuk bersungguh-sungguh dalam memilih buku teks pelajaran bahasa Arab yang akan dijadikan pegangan utama baik oleh guru maupun siswa. Penelitian ini merupakan salah satu wujud usaha untuk mengadakan analisis terhadap kesesuaian materi pada buku teks bahasa Arab dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode library research. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data, digunakan teknik dokumentasi. Selanjutnya data-data yang sudah terkumpul dianalisa dengan analisa isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga komponen penilaian kesesuaian materi buku teks dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, pada komponen kelengkapan materi diperoleh nilai prosentase 57% (3 = cukup lengkap), pada komponen kedua tentang keluasan materi diperoleh hasil 62% (3 = cukup luas), dan pada komponen ketiga tentang kedalaman materi diperoleh nilai prosentase 85% (5 = sangat dalam). Selanjutnya dari ketiga hasil analisis tersebut, diperoleh nilai rata-rata prosentase sebesar 68%, artinya kesesuaian materi buku teks bahasa Arab kelas VII yang diterbitkan oleh Kemenag dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar adalah sebesar 68% atau berada pada kategori cukup sesuai (3). Dengan hasil tersebut maka buku teks bahasa Arab kelas VII yang diterbitkan oleh Kemenag dapat dijadikan buku pegangan wajib untuk siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Abdul Munip,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian Materi, Buku Teks Bahasa Arab, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 08:16
Last Modified: 15 Oct 2015 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum