KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KULTUR RELIGIUS DAN KULTUR AKADEMIK DI SMP MA’ARIF GAMPING

Muhammad ‘Abduh Muttaqiin, S.Sos.I, NIM: 1320411128 (2015) KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KULTUR RELIGIUS DAN KULTUR AKADEMIK DI SMP MA’ARIF GAMPING. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KULTUR RELIGIUS DAN KULTUR AKADEMIK DI SMP MA’ARIF GAMPING)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KULTUR RELIGIUS DAN KULTUR AKADEMIK DI SMP MA’ARIF GAMPING)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad ‘Abduh Muttaqin. Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Religius Dan Kultur Akademik Di SMP Ma’arif Gamping. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Sekolah sebagai cita-cita para tokoh sebelum kemerdekaan. Yakni memiliki lembaga pendidikan yang dilegitimasi oleh pemerintah yang berciri khas pesantren. Dalam hal ini SMP Ma’arif Gamping menjadi salah satu sekolah yang berusaha mewujudkan cita-cita anak bangsa. Menjaga dan mempertahankan tradisi lama yang baik dan mengambil sesuatu yang baru yang lebih baik. Melalui kebijakan kepala sekolah, SMP Ma’arif Gamping mengembangkan kultur religius dan kultur akademik. Dalam menghadapi era globalisasi SMP Ma’arif Gamping mengintegrasikan ilmu keagamaan dan ilmu umum. Siswa diberi bekal ilmu ke-Islaman dan ke-ilmuan umum agar memiliki mental yang tangguh dan intelektual yang cerdas. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan efektifitas kebijakan kepala sekolah dalam mengembangkan kultur religius dan kultur akademik di SMP Ma’arif Gamping. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan, khususnya tentang pengembangan kultur religius dan kultur akademik di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumen, dengan pengujian kredibilitas data yaitu, triangulasi teknik dan sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan narasi deskriptif kualitatif. Dengan fokus kajian yaitu kebijakan kepala sekolah dalam mengembangkan kultur religius dan kultur akademik di SMP Ma’arif Gamping. Hasil penelitian ini menunjukkan: Beberapa kebijakan kepala sekolah dalam mengembangkan kultur religius dan kultur akademik di SMP Ma’arif Gamping. Pertama,kultur religius terdiri dari: 1) Tadarrus al-Qur’an, membaca do’a, dan asmaul husna. 2) Salam, senyum, tegur-sapa, dan salaman. 3) Sopan-santun dan saling hormat. 4) Shalat dhuhur berjama’ah dan kultum. 5) Shalat jum’at. 6) Shalat dhuha. 7) Pembinaan seni baca al- Qur’an juga mujahadah rutin. 8) Memorizing/ hafalan surat-surat pendek dan do’a-do’a. Kedua, kultur akademik terdiri dari: 1) Motivation building. 2) Pembinaan riset/ penelitian ilmiah. 3) Second parenting/ clininc study. 4) Outbond. 5) Kunjungan sekolah. 6) OTC (Olympiad Training Center). 7) Peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. 8) Kerjasama dengan sekolah lain dan lembaga lain

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.H Sumedi M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Kultur Religius, Kultur Akademik
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 14:21
Last Modified: 15 Oct 2015 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum